KPK Bakal Periksa 23 Anggota DPRD Provinsi Jambi Secara Maraton di Mapolda Jambi

0
491
5 Terpidana Kasus Suap Pengesahan APBD Provinsi Jambi 2018.Dok

Jambipos, Jambi-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan kembali memeriksa 23 orang Anggota DPRD Provinsi Jambi Periode 2014-2019 dalam kasus uang ketok palu pengesahan APBD 2018. Pemeriksaan akan dilakukan secara maraton di Mapolda Jambi pada Selasa, Rabu dan Kamis (12-14/2/2019)

Anggota DPRD Provinsi Jambi Poprianto saat ditanya wartawan membenarkan jadwal pemeriksan KPK tersebut. Menurut dia, pemeriksaan akan digilir mulai Selasa, Rabu dan Kamis, (12-14/2/2019) di Mapolda Jambi.

Sebanyak 23 orang Anggota DPRD Provinsi Jambi akan diperiksa KPK pada hari itu, yakni Muhammadiyah (Gerindra), Effendi Hatta (Demokrat), Zainal Abidin (Demokrat), Cornelis Buston (Demokrat), AR Syahbandar (Gerindra), Chumaidi Zaidi (PDIP), Sufardi Nurzain, Ekhelwi (PDIP) dan Gusrizal (Golkar).

Baca: Cornelis Minta Maaf

Semantara agenda untuk pemeriksaan Rabu (13/2/2019) yakni Cekman, Parlagutan Nasution, Tadjudin Hasan, Nasri Umar, Nurhayati (Demokrat), Emi Nopisah, Rahima (Demokrat), Hasan Hamid, Sulyanti dan Karyani (Gerindra).

Sedangkan untuk pemeriksaan Kamis (14/2/ 2019), KPK RI akan memeriksa Tartiniah, M Juber (Golkar), Poprianto (Golkar), Ismet Kahar (Golkar) dan Kusnidar (Gerindra).

Diduga pemeriksaan lanjutan oleh KPK untuk pemenuhan berkas untuk 12 Anggota DPRD Provinsi Jambi yang sebelumnya pada Jumat 28 Desember 2018, KPK telah menetapkan pimpinan dan anggota DPRD Jambi Periode 2014-2019 sebagai tersangka terkait kasus suap ketok palu APBD 2018 dari gratifikasi Gubernur nonaktif Zumi Zola. Dalam hal ini, lembaga antirasuah menetapkan 12 anggota DPRD dan satu pihak swasta.

Baca: Refleksi 1 Tahun OTT KPK di Jambi

Adapun para tersangka itu, terdiri dari: Ketua DPRD Jambi Cornelis Buston, Wakil Ketua DPRD AR. Syahbandar, Wakil Ketua DPRD Chumaidi Ziadi, Ketua Fraksi Golkar Sufardi Nurzain, Ketua Fraksi Restorasi Nurani Cekman, Ketua Fraksi PKB Tadjudin Hasan, Ketua Fraksi PPP Parlagutan Nasution, Ketua Fraksi Gerindra Muhammdiyah, Pimpinan Komisi III Zainal Abidin, Anggota DPRD Elhewi (PDIP), Gusrizal (Golkar), Effendi Hatta (Demokrat). Sementara phak swasta Joe Fandy Yoesman alias Asiang.

Dari 23 nama anggota DPRD itu terdapat nama Rahima yang akan diperiksa pada Rabu (13/2/2019). Rahima adalah istri Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar. Seperti beredar kabar, pada Rabu (13/2/2019) H Fachrori Umar akan dilantik sebagai Gubernur Jambi definitive di Istana Jakarta oleh Presiden RI Joko Widodo. (JP-03)

Baca: Kumpulan Berita Lengkap Kasus OTT KPK di Jambi

LEAVE A REPLY