Rencana UN MAN Model Jambi Terganggu Karena Laboratorium Komputer Terbakar

0
39
Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi Muhammad saat memberikan keterangan pers usai meninjau gedung laboratorium Komputer MAN Model yang terbakar, Sabtu (9/3/2019). IST

Jambipos, Jambi-Rencana pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siswa siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jambi (MAN Model-red) bakal terganggu paska terbakarnya gedung laboratorium Komputer (TIK) MAN Model Jambi, Sabtu (9/3/2019) dini hari. Pelaksanaan UNBK MAN Model Jambi akan dipindahkan ke MTs Negeri 2 Kota Jambi yang lokasinya bersebelahan dengan MAN 2 Jambi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi Muhammad usai meninjau gedung laboratorium computer MAN 2 Jambi yang terbakar, kepada wartawan, Sabtu (9/3/2019) pagi mengatakan, siswa-siswi MAN 2 Jambi yang akan melaksanakan UNBK dipindahkan ke MTs Negeri 2 Kota Jambi.

Pada kesempatan itu, Muhammad juga meninjauan dan mengadakan rapat terbatas dengan pihak terkait, membahas pelaksanaan ujian siswa MAN Model. Kemudian meninjauan tempat pelaksanaan simulasi dan UNBK di MTs Negeri 2 Kota Jambi.

Peninjauan tersebut adalah untuk memastikan bahwa tempat itu layak untuk dijadikan penyelenggaraan UNBK. Sebagai alternatif kerjasama pasca kebakaran.

Sementara Kepala MTs Negeri 2 Kota Jambi Imtas Mona mengatakan, pihaknya siap menfasilitasi siswa MAN 2 Jambi untuk melaksanakan simulasi dan UNBK di tempatnya. “Kami siap membantu menfasilitasi,” katanya.

Fasilitas yang disediakan oleh MTs Negeri 2 Kota Jambi diantaranya 4 unit gedung, yang terdiri dari 2 unit gedung laboratorium TIK dan 2 unit gedung laboratorium IPA dengan fasilitasnya berupa komputer, server serta meubel airnya.

Sementara itu siswa MAN 2 Kota Jambi akan meminjamkan 150 unit laptop untuk men-backup peralatan UNBK.

“Insya Allah putus semuanya hari ini. Kami tetap menyelenggarakan ujian, dan kebetulan ujian akhir Madrasah ini hari Rabu,” kata Muhammad.

Dia juga memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu memberikan rasa empati, dukungan moril dan materil. “Ucapan terimakasih termasuk kepada para siswa yang akan memberikan pinjaman laptop demi terselenggarakannya UNBK pasca musibah ini,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan terus memantau persiapan pelaksanaan UNBK di MAN 2 Jambi, hingga terselenggaranya UNBK pada tanggal 13 Maret 2019 nanti.

Kronologis Kebakaran

Sementara itu, kebakaran gedung laboratorium computer MAN 2 Jambi sekira pukul 00.30 WIB, Sabtu (9/3/2019) dini hari, terjadi di MAN 2 Jambi. Kebakaran menghanguskan laboratorium komputer di sekolah itu.

Kasi Operasional Damkar Kota Jambi Jafrizal saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, penyebab kebakaran diduga akibat ada korsleting listrik di ruangan laboratorium komputer.

“Diduga korsleting di ruang laboratorium computer. Akibat kejadian ini, sebanyak 130 komputer ludes terbakar. Dua ruangan terbakar. Soal kerugian kami belum bisa jelaskan, masih dihutung,” katanya.

Guna memadamkan api, 8 unit armada pemadam kebakaran Kota Jambi dikerahkan ke lokasi kejadian. Peristiwa kebakaran ini membuat warga sekitar heboh dan berkumpul ke lokasi kejadian untuk melihatnya. (JP-Arm)

LEAVE A REPLY