Jaksa KPK Terima Putusan Hakim ke Eni Saragih Soal Kasus PLTU-1 Riau

0
31
Jaksa KPK Terima Putusan Hakim ke Eni Saragih Soal Kasus PLTU-1 Riau Foto: Sidang Terdakwa kasus suap proyek PLTU Riau-1, Eni Maulani Saragih divonis 6 tahun penjara (Ari Saputra-detikcom).

Jambipos, Jakarta – Jaksa KPK menyatakan menerima putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta soal kasus PLTU Riau-1 Eni Maulani Saragih. Jaksa menegaskan dalam waktu dekat ini akan segera mengeksekusi Eni.

“Menerima putusan hakim, karena kita memang nilai putusan itu sudah memenuhi rasa keadilan kita, misalnya putusan pidana sudah melebihi dari tuntutan,” kata Jaksa KPK Ronald di PN Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (11/3/2019).

Ronald beralasan putusan mejelis sudah sesuai dengan tuntutan jaksa. Pencabutan hak politik Eni seperti yang dituntut jaksa juga sudah dikabulkan oleh hakim.

Selain itu, dia mengatakan akan mengeksekusi dalam waktu dekat ini. Ronald juga mengatakan pihaknya akan segera menagih uang pengganti kepada Eni agar segera melunasinya.

“Iya dalam waktu 1 bulan setelah putusan inkrah nanti jaksa eksekusi akan menagih uang kepada Eni, kalau nggak bisa bayar, nanti harta disita. Ada beberapa yang sudah dikembalikan sekitar Rp 5 miliar,” ucapnya.

Eni divonis 6 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 2 bulan kurungan. Eni terbukti bersalah menerima uang suap Rp 4,75 miliar dari pengusaha Johanes Budisutrisno Kotjo.

Eni Saragih bersalah melanggar Pasal 12 huruf a Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP junctoPasal 64 ayat 1 KUHP. Dia juga divonis bersalah melanggar Pasal 12B ayat 1 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 65 ayat 1 KUHP.(*)

Sumber: Detik.com

LEAVE A REPLY