Bupati Batanghari Syahirsah Pimpin Musrenbang Kabupaten Batanghari Tahun 2019

0
20
Bupati Batanghari Syahirsah memimpin musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Batanghari tahun 2019, di Gedung Pemuda, Senin (11/3/2019) pagi. Musrenbang dihadiri seluruh SKPD dan forkompinda Kabupaten Batanghari.

Jambipos, Batanghari-Bupati Batanghari Syahirsah memimpin musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Batanghari tahun 2019, di Gedung Pemuda, Senin (11/3/2019) pagi. Musrenbang dihadiri seluruh SKPD dan forkompinda Kabupaten Batanghari.

Kata Syahirsah, pelaksanaan musrenbang merupakan amanah UU nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

Serta peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJMD dan rencana kerja pemerintah daerah.

“Hasil musrenbang ini selanjutnya akan dijadikan rencana kerja pemerintah daerah dan sebagai bahan dalam penyusunan RAPBD kabupaten Batanghari tahun anggaran 2020 yang akan datang,” kata Syahirsah.

Musrenbang RKPD pada tahun ini, tambah Syahirsah, merupakan bagian penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang prosesnya dilakukan secara partisipatif, mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional.

“Alhamdulillah, pelaksanaan musrenbang RKPD di kecamatan telah selesai dilaksanakan mulai tanggal 21 Januari sampai 14 Februari di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Batanghari.”

“Hasil akhir yang ingin dicapai dari penyelenggaraan musrenbang adalah disepakatinya akselerasi dan upaya percepatan serta penyelarasan dalam mewujudkan visi dan misi, yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Batanghari maju, adil dan sejahtera berlandaskan ketaqwaan,” ujar Syahirsah.

Bupati juga menyampaikan, visi dan misi kabupaten Batanghari fokus terhadap lima utama pembangunan, yaitu bidang sumber daya manusia, ekonomi kerakyatan, infrastruktur daerah, birokrasi dan pelayanan masyarakat, serta fokus kearifan lokal.

“Perencanaan pembangunan daerah yang akan disepakati pada hari ini, hendaknya harus berpedoman dan mengakomodir pesan dan amanah yang tertuang dalam visi dan misi kabupaten Batanghari 2016-2021.”

“Oleh karena itu dalam kesempatan ini, Saya himbau kepada seluruh peserta serta pihak-pihak yang terkait dalam musrenbang ini, untuk memahami visi dan misi dimaksud,” jelas Bupati.(JP-Hms/Wan)

LEAVE A REPLY