Jambi Ekspor Perdana Cangkang Kelapa Sawit

0
269

Jambipos, Jambi- Provinsi Jambi terus melakukan terobosan ekspor hasil-hasil pertanian dan perkebunan guna mendongkrak penghasilan petani dan pendapatan devisa. Kali ini yang kembali dieskpor perdana yakni cangkang buah kelapa sawit sekitar 8.500 ton dengan nilai Rp 6,6 miliar ke negara Thailand.

Ekspor perdana cangkang sawit tersebut dilakukan Sekda Pemprov Jambi HM Dianto di Pelabuhan Talangduku, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Kamis (14/3/2019) pecan lalu. Turut menyaksikan Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Jambi Abidin, Kepala Badan Karantina Pusat Agus Sunanto, dan General Manager Pelindo II Jambi, Kartiko Yuwono.

Ekspor cangkang sawit tersebut bersamaan dengan ekspor empat jenis komoditi pertanian dan perkebunan lainnya. Yakni ekspor sapu lidi sekitar 108 ton dengan nilai Rp 864 juta ke India, pinang sekitar 81 ton senilai Rp 1,4 miliar ke Thailand. Komoditi kelapa biasa ke Pakistan sekitar 27.500 ton dan ekspor kayu olahan ke Taiwan sekitar 117.643 meter kubik.

“Total nilai ekspor berbagai komoditi pertanian dan perkebunan Jambi yang diekspor tersebut mencapai Rp 9,4 miliar. Mudah-mudahan melalui ekspor ini harga berbagai komoditi pertanian dan perkebunan Jambi semakin terdongkrak sehingga penghasilan petani meningkat,” kata Dianto

Dikatakan, Pemprov Jambi masih terus mencari peluang ekspor komoditas pertanian lainnya untuk mendongkrak harga dan meningkatkan pendapatan petani. Namun ekspor hasil pertanian tersebut masih terkendala transportasi yang sulit dari Jambi ke negara-negara tujuan ekspor. Ekspor hasil pertanian Jambi ke Malaysia dan Singapura masih sulit akibat tidak adanya pelabuhan samudera di Jambi.

“Jambi masih berpeluang mengekspor cabai dan kentang ke Malaysia dan Singapura. Beberapa kali sudah dicoba ekspor cabai dan kentang Kerinci ke kedua negara tersebut. Namun akibat transportasi yang sulit, cabai dan kentang yang diekspor tersebut tidak segar lagi atau sudah mulai busuk ketika sampai di Singapura dan Malaysia,” katanya.(JP-SP)

LEAVE A REPLY