Gubernur Jambi: PPAN Upaya Pemprov Tingkatkan SDM Generasi Muda

0
39
Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum pada Malam Final Pemilihan Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Jambi Tahun 2019, yang berlangsung di Royal Garden Resort Jambi, (13/4/2019) malam. Humas

Jambipos, Jambi- Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda di Provinsi Jambi, salah satunya melalui program Pertukaran Pemuda Antar Negara. PPAN yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi merupakan salah satu upaya kita bersama untuk terus meningkatkan SDM generasi muda di Provinsi Jambi. Meningkatkan SDM generasi muda sangat penting sekali bagi pembangunan yang berkesinambungan dan merata.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum pada Malam Final Pemilihan Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Jambi Tahun 2019, yang berlangsung di Royal Garden Resort Jambi, (13/4/2019) malam.

Program PPAN merupakan kegiatan rutin dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi yang diselenggarakan setiap tahun. Pada Tahun 2019 ini Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi akan mengirimkan 1 orang putra ke Korea Selatan dan 1 orang putri ke Singapura untuk mengikuti program PPAN.

Fachrori menjelaskan, PPAN adalah program tahunan yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan negara negara sahabat. PPAN merupakan program pengembangan potensi generasi muda untuk menambah khasanah pengetahuan dan wawasan serta mempersiapkan diri dalam mengahadapi tantangan global yang semakin kompleks.

“Jadi, PPAN ini bertujuan untuk mempererat persahabatan dan kerjasama generasi muda dengan negara sahabat, serta lebih meningkatkan rasa saling pengertian antara generasi muda Indonesia dengan negara sahabat. Saya juga mengharapkan, melalui PPAN ini bisa menciptakan generasi muda berwawasan internasional dan yang lebih penting adalah memberikan peluang generasi muda dalam menciptakan jaringan informasi dan komunikasi dengan negara sahabat,” jelas Fachrori.

Fachrori mengemukakan, program ini sangat membutuhkan keseriusan mental, fisik dan pengetahuan, khususnya terkait dengan Provinsi Jambi, serta dituntut memiliki talenta dan kemampuan bahasa Inggris agar dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan negara luar.

“Generasi muda yang mengikuti PPAN dan mewakili Provinsi Jambi harus mengetahui tentang pariwisata, sosial budaya, bahasa, program Pemerintah Provinsi Jambi dan sebagainya terkait Provinsi Jambi. Saya juga berharap kepada peserta yang mewakili Provinsi Jambi untuk mempromosikan Jambi di negara luar, terutama budaya dan pariwisata yang ada di Provinsi Jambi,” terang Fachrori.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi, Drs.H.Wahyuddin,M.Pd menyampaikan, selain untuk mempererat persahabatan dan kerjasama dengan negara sahabat, PPAN ini juga bertujuan untuk menciptakan kader kader pemimpin bangsa, khususnya untuk Provinsi Jambi dari generasi muda saat ini yang memiliki wawasan internasional, sehingga nantinya Provinsi Jambi memiliki pemimpin yang hebat dan berwawasan luas.

“Melalui program ini, kita juga memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk lebih mengenal adat istiadat, kesenian dan budaya negara sahabat, serta menciptakan generasi muda yang memiliki visi ke depan untuk terus berdaya dan berkarya,” ujar Wahyuddin.

“Program ini adalah kegiatan rutin kami yang dilaksanakan setiap tahunnya, kami akan terus mengirimkan generasi muda setiap tahunnya ke negara sahabat guna lebih meningkatkan SDM generasi muda di Provinsi Jambi. Tahun ini, kami akan mengirimkan 1 orang putra ke Korea Selatan dan 1 orang putri ke Singapura sebagai negara tujuan dari program PPAN ini,” lanjut Wahyuddin.(JP-Hms/Lee)

LEAVE A REPLY