10 TPS di Jambi Terdampak Banjir Tak Bisa Laksanakan Pemungutan Suara

0
58
Sapra Wintani, warga setempat mengatakan, Perumahan Bougemvile saat ini sedang digenangi air sekitar 50 cm hingga 80 cm. Warga perumahan terpaksa menunggu air surut agar dapat melakukan hak pilih suaranya ke TPS 51.IST

Jambipos, Jambi- Bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Kota Jambi telah menghambat pemungutan suara di beberapa tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2019 di kota Jambi. Bahkan pengutan suara di beberapa TPS di Kota Jambi belum bisa dilakukan hingga Rabu (17/4/2019) pukul 12.00 WIB akibat terendamnya sejumlah TPS.

Pantauan di perumahan Kembar Lestari, Kecamatan Alambarajo, Kota Jambi, (17/4/2019) siang, warga belum ada yang melakukan pencoblosan karena tiga TPS di perumahan tersebut terendam banjir. Kemudian sebagian warga yang rumahnya terendam banjir di Kembar Lestari, Kota Jambi juga masih mengurus rumah mereka yang terendam banjir. Sedangkan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di perumahan tersebut juga belum memindahkan TPS.

“Kami belum terpikir mencoblos ke TPS. Kami masih mengurus rumah yang banjir. Kemudian TPS di perumahan ini juga masih terendam banjir, belum dipindah ke daerah yang lebih tinggi,” kata Rehan (45), warga perumahan Kembar Lestari, Kota Jambi, Rabu siang.

Sementara itu, komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi, Hazairin menjelaskan, tiga TPS yang terendam banjir di perumahan Kembar Lestari, Kota Jambi terdapat di rukun tetangga (RT) 56. TPS yang terendam banjir tersebut yakni TPS 111, TPS 112, dan TPS 113, Kota Jambi. Jumlah warga yang belum bisa melakukan pencoblosan di tiga TPS tersebut sekitar 600 orang.

“Pemungutan suara di tiga TPS tersebut belum bisa dilakukan hingga Rabu siang karena lokasi TPS masih terendam banjir dan belum ada TPS pengganti. Pemungutan suara di tiga TPS tersebut ditunda hingga banjir surut,” ujarnya.

Secara terpisah, Ketua RT 56, perumahan Kembar Lestari, Kota Jambi, Bujang Hanif mengatakan, pemungutan suara di tiga TPS di RT 56 perumahan tersebut tidak memungkinkan dilakukan Rabu (17/4/2019). Masalahnya warga masih fokus mengurus rumah dan barang-barang mereka yang terendam banjir. Kemudian TPS dan akses jalan ke perumahan masih terendam banjir.

“Kami meminta pemungutan suara di tiga TPS di RT 56, perumahan Kembar Lestari, Kota Jambi ditunda besok, Kamis (18/4/2019). Jika pemungutan suara dipaksakan di tiga TPS di perumahan tersebut, dikhawatirkan beberapa logistic pemilu rusak, terutama surat suara. Kemudian warga pun dikhawatirkan tidak datang ke TPS karena rumah mereka masih terendam banjir,” ujarnya.

Sementara TPS 45 Payo Selincah, Kecamatan Palmerah Jambi juga gagal melakukan pencoblosan karena logistic pemilu terendam banjir Rabu dini hari.

Kemudian pemilih yang ingin nyoblos di lokasi Perumahan Bougenvile, Kecamatan Kenali Besar, Kota Jambi juga sempat dihadang banjir dengan genangan air sepanjang lorong perumahan.

Sapra Wintani, warga setempat mengatakan, Perumahan Bougemvile saat ini sedang digenangi air sekitar 50 cm hingga 80 cm. Warga perumahan terpaksa menunggu air surut agar dapat melakukan hak pilih suaranya ke TPS 51.

“Mau ke TPS 51 Perumahan Bougenvile ingin penyoblosan dilanda banjir, terpaksa tunggu air surut dulu,” ujar Sapra Wintani.

TPS di Lapas Jambi

Sementara Pemungutan suara di 5 TPS yang ada di dalam Lapas Klas IIA Jambi yaitu TPS 49, TPS 50, TPS 51, TPS 52 dan dipastikan akan tetap dilaksanakan sesuai jadwal, meskipun saat ini TPS masih terendam lumpur dan air sisa banjir yang merendam Lapas Rabu dinihari.

Kepastian tersebut disampaikan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jambi, Farid Junaedi. “Pemungutan suara di 5 TPS tetap dilaksanakan sesuai jadwal,” ujarnya, Rabu (17/4/2019).

Hujan lebat yang mengguyur Kota Jambi semalam mengakibatkan Lapas Klas IIA Jambi terendam banjir hingga setinggi lutut orang dewasa. Akibat banjir, puluhan warga binaan diungsikan ke tempat yang lebih aman karena selnya terendam banjir.

Tidak hanya itu, TPS yang ada di dalam Lapas juga tidak luput dari banjir. Meja dan kursi yang sudah disiapkan dan ditata KPPS juga sempat terendam air. Meski demikian logistik Pemilu seperti kotak suara dan surat suara berhasil diamankan.

Rabu siang air sudah surut, meski masih meninggalkan genangan air dan lumpur. Sementara itu, dalam Pemilu 17 April 2019 tercatat ada 618 mata pilih yang akan menggunakan hak pilihnya di lima TPS yang ada di Lapas Klas IIA Jambi. (JP-Lee)

TPS di Lapas Kelas I Jambi saat terendam banjir sehingga proses pencoblosan terhambat. Foto IST

LEAVE A REPLY