Warga Kota Jambi Antusias Ikuti Pemungutan Suara

0
81
Para saksi Parpol di TPS 19 Kebun Handil, Kecamatan Jelutung Kota Jambi, Rabu (17/4/2019). Foto Asenk Lee Saragih.

Warga sudah ada yang datang ke TPS pukul 07.00 WIB. Gubernur Fachrori Umar langsung memantau pemungutan suara Pemilu 2019 di beberapa TPS.

Jambipos, Jambi- Warga Kota Jambi antusias mengikuti pemungutan suara Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019). Antusiasme tersebut tampak dari kehadiran warga di tempat–tempat pemungutan suara (TPS).

Pantauan SP di TPS 18 Jalan Pangeran Hidayat dan TPS 17, Paal V, Kotabaru, Kota Jambi, warga sudah ada yang datang ke TPS pukul 07.00 WIB atau setengah jam sebelum pemungutan suara dimulai pukul 07.30 WIB. Sementara para petugas Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) sudah siap di TPS pukul 06.30 WIB.

Tina (55), warga RT 17, Paal V, Kotabaru, Kota Jambi mengatakan, dia cepat datang ke TPS untuk memberikan hak suara, menghindari antrean panjang pemungutan suara.

“Saya cepat datang ke TPS menghindari antrean yang lama. Biasanya kalau datang siang, pemilih harus menunggu lama karena antrean pemilih yang panjang. Kalau cepat melakukan pencoblosan pagi-pagi, saya masih bisa mengerjakan pekerjaan lainnya di rumah dan tempat kerja,” ujarnya.

Suasana antusias warga ingin mencoblos juga terjadi di TPS 19 Kebun Handil, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi. Sejak Pukul 07.15 WIB, warga pemilih sudah tiba di TPS dan mendaftar untuk mengantri pencoblosan.

“Saya Pukul 07.30 WIB sudah di TPS untuk mencoblos. Pemilih antusias dating ke TPS untuk menggunakan hak suaranya. Bahkan kursi tunggu di TPS penuh sehingga ada pemilih yang sabar menunggu berdiri hingga namanya dipanggil,” ujar Lisbet Sinaga, Warta RT 15 Kebun Handil yang mencoblos di TPS 19.

Menurut Ketua KPPS TPS 19, Kebun Handil, Dr Budi Prasetyanto, ada sebanyak 192 daftar pilih di TPS 19 dan semuanya menggunakan hak pilihnya. Warga sangat antusias menggunakan hak suaranya.

Sementara itu Gubernur Jambi, Fachrori Umar melakukan pencoblosan atau menggunakan hak pilih di TPS 14, Kelurahan Telanaipura, Kota Jambi. Fachrori Umar tidak melakukan pencoblosan di TPS dekat rumah dinas Gubernur Jambi, Jalan Sultan Thaha, Pasar, Kota Jambi.

Sedangkan istri Gubernur Jambi, Rahima Fachrori melakukan pencoblosan di TPS 04, Kelurahan Jayasetia, Kecamatan Pasar, Muarabungo, Kabupaten Bungo. Istri Gubernur Jambi tersebut melakukan pencoblosan di Muarabungo karena daerah itu merupakan kampung halamannya.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, Johansyah mengatakan, setelah menggunakan hak pilihnya, Rabu pagi, Fachrori Umar langsung memantau pemungutan suara Pemilu 2019 di beberapa TPS di Kota Jambi dan Kabupaten Muarojambi.

“Gubernur Jambi langsung memantau pemungutan suara di beberapa TPS di Kota Jambi dan Muarojambi seusai menggunakan hak pilih di TPS 14 Telanaipura Rabu pagi ini. Pemantauan ke TPS–TPS dilakukan lebih cepat guna menciptakan suasana kondusif pemungutan suara,”katanya.

Sementara itu komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi, Hazairin mengatakan, jumlah pemilih pada Pemilu Serentak 2019 di Kota Jambi sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 403.824 orang. Para pemilih tersebut menggunakan hak suara mereka di 1.961 TPS di delapan kecamatan.(JP-SP)

LEAVE A REPLY