Menang Adu Penalti, Chelsea Tantang Arsenal di Final

0
77
Para pemain Chelsea merayakan kemenangan atas Eintracht Frankfurt lewat adu penalti dalam leg kedua semifinal Liga Europa, Kamis, 9 Mei 2019. ( Foto: AFP )

Jambipos, London– Final sesama Inggris akan terjadi di final Liga Europa, setelah Chelsea berhasil lolos ke partai pemungkas dengan menundukkan Eintracht Frankfurt lewat adu penalti, 4-3, Kamis (9/5/2019) atau Jumat dini hari WIB. The Blues akan menghadapi tim sesama Premier League, Arsenal di partai pemungkas di Stadion Olimpiade, Baku, Azerbaizan, 29 Mei mendatang.

Sebelumnya Arsenal memastikan tempat di final setelah menundukkan tuan rumah Valencia, 4-2 pada semifinal leg kedua di Stadion Mestalla. Tim asuhan Unai Emery melaju ke final dengan kemenangan agregat 7-3. Pierre Emerick Aubameyang mencetak tiga gol. Satu gol lain Arsenal dilesakkan Alexandre Lacazette.

Valencia hanya mampu membuat dua gol balasan yang diborong Kevin Gameiro.

Sementara pada pertandingan di Stadion Stamford Bridge London, Chelsea sebenarnya hanya butuh hasil imbang tanpa gol dalam partai semifinal kedua ini. Mereka berada di atas angin setelah memetik hasil 1-1 di kandang Frankfurt, pekan lalu.

Pendukung tuan rumah kian optimistis mencapai final tanpa harus melalui babak tambahan setelah Ruben Loftus-Cheek membawa Chelsea memimpin pada menit ke-28. Namun suporter Chelsea harus menyaksikan pertandingan yang menegangkan setelah penyerang Frankfurt Luka Jovic mampu menyamakan skor menjadi 1-1 saat babak kedua baru berlangsung tiga menit.

Skor imbang bertahan hingga babak kedua selesai. Wasit Ovidiu Hategan dari Rumania harus melanjutkan laga ke babak tambahan. Namun hingga 2×15 menit usai skor tetap seri 1-1.

Dalam adu penalti, Chelsea akhirnya menang setelah empat penendang penalti mereka Ross Barkley, David Luiz, Jorginho, dan Eden Hazard sukses menunaikan tugasnya. Hanya penendang kedua yang gagal yakni Cesar Azpilicueta.

Sementara di kubu Frankfurt, hanya tiga penendang pertama yang mampu menggetarkan jala gawang Chelsea yakni Sebastian Haller, Luka Jovic, dan Jonathan De Guzman. Sementara penendang keempat dan kelima yakni Martin Hinteregger dan Goncalo Paciencia gagal. Chelsea pun melaju dengan menang adu penalti 4-3.

Dengan demikian, final dua kejuaraan level Eropa akan mempertemukan tim asal Inggris. Jika di Liga Europa Chelsea akan menghadapi Arsenal, di final Liga Europa, Liverpool akan berhadapan dengan Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid pada 1 Juni mendatang.(*)

Sumber: UEFA

LEAVE A REPLY