Pascapemilu, Gubernur Fachrori Umar Ajak Warga Jambi Jaga Kerukunan

0
43
Gubernur Jambi Fachrori Umar (tengah) disambut masyarakat Jambi di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Kota Jambi, Sabtu, 16 Februari 2018.  Fachrori Umar yang sebelumnya menjabat Wakil Gubernur Jambi dan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Gubernur Jambi di Istana Negara Jakarta, Rabu, 14 Februari 2018. ( Foto: SP)

Jambipos, Jambi- Warga Jambi diimbau tidak sampai terprovokasi ajakan untuk melakukan aksi-aksi protes terhadap hasil pemilihan umum (Pemilu), termasuk ajakan untuk melakukan aksi unjuk rasa yang bisa menimbulkan kericuhan. Warga masyarakat Jambi diharapkan tetap menjaga suasana damai, terutama dalam menjalani bulan suci Ramadan.

Imbauan tersebut disampaikan Gubernur Jambi, Fachrori Umar dan Wali Kota Jambi, Syarif Fasha saat menggelar buka buasa bersama bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi di rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Senin (13/5/2019).

“Suasana politik pascapemilihan umum hendaknya dapat kita disikapi dengan damai terutama dalam bulan Ramadan demi menjaga toleransi dengan mengedepankan kerukunan. Pentingnya menjaga kerukunan meski berbeda pilihan politik jangan sampai kita lupa bahwa kita ini saudara sebangsa dan setanah air,” ujar Fachrori Umar

“Mari kita jalankan ibadah puasa dengan suasana damai, hati yang bersih serta saling menghormati diantara kita agar makna ibadah puasa dapat kita sikapi dan jalankan dengan penuh keikhlasan,” ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Jambi, Syarif Fasha pada Rapat Koordinasi Forkopimda Kota Jambi di Kota Jambi, Senin (13/5/2019) juga mengimbau warga masyarakat Kota Jambi agar tidak terpengaruh ajakan di media sosial yang bersifat hoax (berita bohong) untuk melakukan aksi-aksi unjuk rasa menolak hasilm pemilu.

“Mari kita hormati sama-sama hasil pemilu. Apapun hasil pemilu, hal itu sudah ditetapkan penyelenggara pemilu atau Komisi Pemiluhan Umum (KPU) dan harus kita hormati bersama. KPU sudah diberi kepercayaan oleh pemeirntah menyelenggarakan dan menetapkan hasil pemilu. Karena itu hasil pemilu yang sudah ditetapkan KPU harus kita terima dan hormati,” ujarnya.

Pengamanan

Sementara itu Kapolresta Jambi, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Dover Christian pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya tetap meningkatkan pengamanan di Kota Jambi menjelang pengumuman hasil Pemilu 2019 secara nasional. Gerakan-gerakan kelompok tertentu yang hendak melakukan aksi-aksi unjuk rasa terkait penolakan hasil pemilu tetap dipantau, kendati rekapitulasi hasil Pemilu 2019 di tingkat KPU Provinsi Jambi sudah selesai dilakukan pekan lalu.

“Kami terus memantau adanya pergerakan kelompok tertentu yang hendak melakukan aksi-aksi protes hasil pemilu. Namun hingga kini belum ada terpantau kelompok masyarakat di Jambi yang hendak melakukan aksi unjuk rasa menolak hasil pemilu,”katanya.

Menurut Dover Christian, pengamanan fasilitas pemerintah dan kantor KPU di Kota Jambi tetap dilakukan mengantisipasi adanya tindakan-tindakan anarkis dari oknum-oknumm tertentu. Kemudian patroli keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Jambi, khususnya di tempat-tempat keramaian dan perkantoran juga tetap dilakukan menjelang pengumuman hasil Pemilu 2019.(JP-SP)

LEAVE A REPLY