Meraba Bursa Kandidat Calon Gubernur Jambi Periode 2021-2026

0
801
Tiga Nama Bursa Cagub jambi Periode 2021-2026.

Catatan Kaki

Oleh: Asenk Lee Saragih

Jambipos, Jambi-Proses pelaksanaan tahapan Pileg-Pilpres sejak 2 Juli 2018 hingga Mei 2019 sudah hampir rampung. KPU Pusat kini sudah merekapitul 19 provinsi hasil Pemilu. Jika tak ada aral melintang tahapan Pemilu 2019 diujungi dengan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024 Oktober 2019 mendatang.

Usai Pemilu 2019, akan memasuki tahapan Pilkada Serentak September 2020. Salah satu dari sekian banyak Provinsi dan Kabupaten Kota di Indonesia yang melaksanakan Pilkada serentak adalah Provinsi Jambi (Pilgub Jambi Periode 2021-2026).

Mengingat proses tahapan Pilgub Jambi sudah tak lama lagi, kini sudah muncul komunitas dan group-group social media dalam bursa calon gubernur Jambi kedepan. Bahkan sejumlah sosok pejabat kepala daerah (Bupati/Walikota) sudah ditampilkan di garis sampul itu.

Hal ini seolah-olah bahwa perhelatan Bursa calon Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi Pilkada September 2020 sudah ditabuh.

Namun demikian, dari catatan Penulis, setidaknya ada tiga Sosok yang memiliki Integritas, Kapasitas, Loyalitas, Popularitas, atau juga “IsiTas” yang patut diperhitungkan maju di Pilgub Jambi. Tiga sosok ini yakni Hj Dra Elviana MSi, Irjen Pol Drs Muchlis AS MS dan H Cek Endra.

Sosok Elviana mungkin tak diragukan lagi soal malang melintang di Senayan mulai jadi Anggota DPR RI dan DPD RI dan kini masuk kembali sebagai Anggota DPD RI Periode 2019-2024. Jejak digital Hj Elviana soal Politik dan apa yang sudah diperbuat untuk Provinsi Jambi mudah dijumpai di jagat maya (Google).

Elviana bukan “BUDAK” pendatang di Jambi. Masa kecilnya sering bermain dan menginap di Rumah Omnya di Telanaipura Kota Jambi di rumah (Alm) Sabran Ali SH pendiri ASM/STIE Jambi yang kala itu menjabat Kepala Inspektorat di Jambi.

Baca: Perangkat Desa di Sarolangun Dorong H Cek Endra Maju di Pilgub Jambi

Baca: Meraba Bursa Kandidat Calon Gubernur Jambi Periode 2021-2026

Baca: Lolos Ke Senayan kali Ke 4, Elviana Ucapkan Terimaksih

Elviana Tahun 1992 menikah dengan Abang Kaspul orang Tebo yang masih ada hubungan keluarga dengan Elviana. Elviana jadi dosen UNJA Tahun 1993 tanpa test karena selama kuliah di IKIP Padang Elviana dapat beasiswa Ikatan Dinas.

Elviana masuk lulusan Terbaik di Angkatannya. Rumah Elviana ada 3 unit di Kota Jambi dan ke 3 anaknya Lahir dan Besar di Jambi. Hingga tahun 2004 Elviana bersama keluarga pindah ke Jakarta karena Elviana terpilih sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP.

“Elviana sesekali ikut menyimak dialog di group ini saya liat banyak orang-orang terpelajar di dalamnya. Saya pikir ini dibentuk oleh Adminnya bukan untuk ajang caci maki. Apalagi ibu seorang perempuan juga,” tulis Elviana menanggapi sebuah komentar anggota group.

“Soal Pilgub bagi saya bukan hal baru. Waktu saya peraih suara terbanyak maju ke DPD Pemilu 2009 saya sudah digadang-gadang maju Pilgub Jambi. Waktu itu pak Andullah Hick sudah mengajak saya berpasangan tapi saya tolak karena saya orangnya realistis. Saya memilih tetap menjadi wakil rakyat di Senayan,” ujar Elviana.

“Kalau sekarag adik-adik wartawan menulis saya pantas maju Pilgub Jambi itu bukan berita pesanan. Jadi saya minta Ibu tidak bicara KASAR di group medsos ini karena banyak anggota keluarga dan sahabat saya berada disini yang tidak izinkan Ibu untuk bertutur yang tidak pantas. Salam silaturrahmi untuk Ibu SALDIVA. Salam ELVIANA ANGGOTA DPR-RI A 511, tulis Elviana lagi.

Begitulah sosok kilas seorang Elviana. Ingin mengetahui rekam jejak sebagai Politisi Perempuan yang sukses dari Provinsi Jambi silahkan cari di dunia “Google”, biar puas dan tidak menerka-nerka.

Kemudian sosok kedua bursa calon gubernur Jambi muncul nama Irjen Pol Drs Muchlis AS MH. Sejak dilantik jadi Kapolda Jambi, namanya disebut-sebut sebagai calon ideal untuk BH 1.

Bahkan Kapolri Tito Karnavian saat meresmikan Tipelogi Polda Jambi Jadi Tipe A, menyebutkan kalau satu-satunya Kapolda Jambi dijabat oleh Putra Daerah Asli Provinsi Jambi (Batanghari). Bahkan Tito pun menyebutkan Rakyat Jambi harus bangga Kapolda Jambi pertama yang menyandang Bintang 2 (Irjen Pol).

Baca: Pendekatan Kultural Ala Kapolda Jambi

Soal rekam jejak Irjen Pol Drs Muchlis AS MH mulai dilantik jadi Kapolda Jambi dan perjalanan selama menjabat sebagai Kapolda Jambi hingga 15 Mei 2019 ini. Tentu lebih detailnya rekam jejak itu tersimpan rapih di dunia maya (Google) dengan ragam tulisan kalangan Jurnalis di Jambi.

Sosok Irjen Pol Drs Muchlis AS MH banyak juga dibicarakan banyak kalangan untuk maju di Pilgub Jambi Pilkada September 2020 mendatang. Kepemimpinan Irjen Pol Drs Muchlis AS MH yang mumpuni di Jajaran Polda Jambi, bisa menbawa angin segar dalam tata kelola Pemerintahan Provinsi Jambi kedapan yang lebih baik dan Visioner dalam pembangunan berkeadilan.

Satu nama lagi yang dapat direkomendasikan masuk bursa Calon Gubernur Jambi adalah H Cek Endra. Bupati Kabupaten Sarolangun dua periode ini. Soal kapasitas dan popularitas tak diragukan lagi. Bahkan dikalangan Politisi Golkar, nama Cek Endra kandidat kuat untuk diusung di Pilgub Jambi September 2020 mendatang.

Namun informasi itu, baru sekedar kabar saja, karena Pengurus Golkar masih konsentrasi pada hasil Pileg dan Pilpres April 2019. Sebagai pengalaman Bupati Sarolangun dua Periode, hal ini sebagai modal kuat untuk maju di Pilgub Jambi.

Soal “IsiTas” buat H Cek Endra, dirasakan sudah lebih dari cukup untuk modal Pilgub Jambi. Namun demikian Rakyat Provinsi Jambi ingin mendambakan Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi yang bersih dari praktik-praktik “Politik Uang”.

Sehingga kedepan Pejabat Gubernur dan Anggota DPRD Tak Sekandang Dalam Kasus Korupsi yang merendahkan Amanat Rakyat Untuk Mereka Sebagai Kepala Daerah dan Wakil Rakyat di DPR. Semoga. #Selamat Datang Peserta Bursa Cagub Jambi Periode 2021-2026.(JP-Penulis Redpel Jambipos)   

 

LEAVE A REPLY