Elviana Juga Layak Masuk Bursa Pilgub Jambi

0
173
Anggota Komisi XI DPR RI Dra Hj Elviana, M,Si, mendampingi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi menyerahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Sumber Rezeki, dan peternak sapi SPR Kuamang Abadi, di Dusun Sungai Buluh, Kecamatan Rimbo Tengah, Kabupaten Vungo, Jambi, Rabu (10/4/2019). Foto IST

Pengalaman 4 Periode di Senayan

Catatan Kaki

Jambipos, Jambi-Proses pelaksanaan tahapan Pileg-Pilpres sejak 2 Juli 2018 hingga Mei 2019 sudah hampir rampung. KPU Pusat tinggal mengumumkan hasil pada 22 Mei 2019. Sesuai Agenda KPU, Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten-Kota Provinsi dilaksa 1 Juli 2019 hingga 31 Agustus 2019. Pelantikan DPD dan DPR RI dilaksanakan 1 Agustus 2019 hingga 30 September 2019. Sedangkan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024 pada 20 Oktober 2019.

Selanjutnya memasuki tahapan Pilkada serentak September 2020, yang akan dimulai September 2019 ini. Di Provinsi Jambi setidaknya ada 6 suksesi Pilkada yakni Pemilihan Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi Periode 2021-2026 yang juga bersamaan dengan Pilkada Kabupaten Batanghari, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur,  Bungo, Batanghari, dan Kota Sungaipenuh.

Mengingat tahapan Pilkada serentak September 2020 sudah tak lama lagi, kini sejumlah tokoh politik masuk bursa kandidat Gubernur Jambi. Salah satunya yang bisa diperhitungkan adalah Politisi senior dari kaum hawa yakni Hj Dra Elviana MSi.

Terpilih sebagai Anggota DPD RI Periode 2019-2024 Dapil Provinsi Jambi dengan raihan 198.893 suara, merupakan bukti kepercayaan masyarakat Provinsi Jambi semakin solid kepada Hj Elviana.

Baca: Lolos Ke Senayan, Hj Elviana Sampaikan Terimaksih Kepada Rakyat Jambi

Hj Elviana yang kini menjabat Anggota DPR RI Fraksi PPP ini, patut diperhitungkan sebagai kandidat Cagub atau Cawagub Jambi Periode 2021-2026 mendatang. Hj Elviana Sosok Politisi Perempuan yang memiliki Integritas, Kapasitas, Loyalitas serta Popularitas dan juga Elektabilitas.

Sosok Elviana mungkin tak diragukan lagi soal malang melintang di Senayan mulai jadi Anggota DPR RI dan DPD RI dan kini masuk kembali sebagai Anggota DPD RI Periode 2019-2024.

Elviana bukan “BUDAK” pendatang di Jambi. Masa kecilnya sering bermain dan menginap di Rumah Omnya di Telanaipura Kota Jambi di rumah (Alm) Sabran Ali SH pendiri ASM/STIE Jambi yang kala itu menjabat Kepala Inspektorat di Jambi.

Elviana Tahun 1992 menikah dengan Abang Kaspul orang Tebo yang masih ada hubungan keluarga dengan Elviana. Elviana jadi dosen UNJA Tahun 1993 tanpa test karena selama kuliah di IKIP Padang Elviana dapat beasiswa Ikatan Dinas.

Elviana masuk lulusan Terbaik di Angkatannya. Rumah Elviana ada 3 unit di Kota Jambi dan ke 3 anaknya Lahir dan Besar di Jambi. Hingga tahun 2004 Elviana bersama keluarga pindah ke Jakarta karena Elviana terpilih sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP.

“Soal Pilgub bagi saya bukan hal baru. Waktu saya peraih suara terbanyak maju ke DPD Pemilu 2009 saya sudah digadang-gadang maju Pilgub Jambi. Waktu itu pak Andullah Hick sudah mengajak saya berpasangan tapi saya tolak karena saya orangnya realistis. Saya memilih tetap menjadi wakil rakyat di Senayan. Kalau sekarag adik-adik wartawan menulis saya pantas maju Pilgub Jambi itu bukan berita pesanan, itu murni dari kerinduan adik jurnalis itu melihat darai kacama pers soal bursa cagub Jambi,” ujar Elviana dalam satu kesempatan mengomentari sosial media.

Turun Gunung

Elviana Anggota DPR-RI A 511 ini, sosok Politisi senior yang taka sing lagi bagi masyarakat Provinsi Jambi. Terlebih Politisi di Gedung DPR RI Senayan Jakarta.  Selama 15 tahun duduk di Senayan, adalah waktu yang cukup matang bagi seorang Politisi untuk mengabdi dari Senayan untuk Daerah Pemiluhan.

Kini saatnya Elviana mendengar “Panggilan Tanah Leluhur” Provinsi Jambi untuk turun gunung mengabdi lebih dekat lagi dengan masyarakat Provinsi Jambi.

Selama duduk sebagai wakil rakyat di Senayan, tentunya harus fokus untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat daerah pemilihan, yakni Provinsi Jambi. Hal itulah yang telah dilakukan oleh sosok Politikus Perempuan ini dengan berbagai program pro rakyat yang selama ini dia diperjuangkan.

Perjalanan karir politik Elviana, berangkat dari calon legislative (Caleg) Pemilu 2004 lalu yang diusung oleh PDIP. Sebelum terjun ke dunia politik, Elviana seorang Dosen UNJA, ASM/STIE Jambi dari 1993-2004.

Perjalanan karier Politik Elviana duduk di Senayan yakni Tahun 2004-2009 Anggota DPR RI Fraksi PDIP, Tahun 2009-2014 Anggota DPD RI, Tahun 2014-2019 Anggota DPR RI Fraksi PPP. Pada Pemilu 17 April 2019, Elviana terpilih sebagai Anggota DPD RI Periode 2019-2024.

Sukses Usungan Program Ini

Elviana juga berulangkali memaparkan program apa saja yang sudah diusungnya ke Provinsi Jambi selama Dia di Senayan. Misalnya Program Beasiswa PIP untuk siswa-siswi di Jambi ketika Elviana duduk sebagai Anggota Komisi X DRR RI, Program Bantuan Beasiswa Bidikmisi, LPDP dari Kementerian Keuangan untuk Mahasiswa Jambi.

Saat duduk sebagai Anggota Komisi XI DPR RI, Elviana juga mengusung Program Bantuan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Program PSBI. Selanjutnya Program Bantuan Alsintan Pertanian dan Modal Usaha Kelompok, Bantuan Benih Pertanian, Progran Mekar UMI Program Bantuan untuk masyarakat atau ibu-ibu rumah tangga tanpa agunan dengan syarat KTP dan KK saja dari Kementerian Keuangan kini sudah mencapai 10.000 nasabah di Provinsi Jambi.

Elviana juga mengusung Dana DAK aspirasi sebag Anggota Badan Anggaran DPR untuk Kota Jambi Rp 100 M, untuk Kabupaten Merangin Rp 56 M dan terbaru untuk Rumah Sakit Pemkab Bungo Rp 43 M. Bahkan penambahan runway Bandara Muarabungo dari 1500 meter menjadi 1800 meter sehingga bisa didarati oleh pesawat Boeing juga atas upaya Hj Elviana sewaktu rapat di Banggar DPR dengan Menteri Perhubungan Ignatius Jonan.

Elviana juga mendorong pembangunan kantor layanan perbankan di ibu kota kecamatan di Provinsi Jambi seperti di SP3 Limbur Lubuk Mengkuang dan di Kecamatan Masurai Kabupaten Merangin.

Hal itu sebagian kecil program yang telah diperjuangkan Elviana untuk Provinsi Jambi. “Saya ingin terus membantu masyarakat Provinsi Jambi, agar ekonomi dan penghasilan masyarakat bisa meningkat, bantuan yang langsung bersentuhan dengan masyrakat kecil,” tambahnya dalam kesempatan lain.

Disebutkan, munculnya program UMI yang digagas Elviana bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani ini guna mengatasi kesulitan pengusaha UKM dalam memperoleh pinjaman dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang mewajibkan nasabah menyerahkan bukti jaminan. Sedangkan Program UMI tidak ada agunan.

“Untuk di Kabupaten Merangin sendiri sudah tercatat 5000 ibu-ibu yang sudah menikmati dana Program UMI sejak pertengahan tahun 2018 lalu dengan usaha yang berkembang pesat. Bahkan untuk di Kabupaten Merangin tidak ada tunggakan dari penerima bantuan modal ini,” ujar Elviana.

“Kami Komisi XI DPR RI masa Reses masa sidang ke IV mulai 28 Maret 2019 hingga 7 Mei 2019 lalu. Saya melihat program tersebut di lapangan. Apakah program yang kami gagas di Komisi XI dengan Menteri Keuangan RI ini berjalan dengan baik. Ternyata dari hasil pemantauan dan pengawasan kami program UMI ini berjalan dengan baik di Provinsi Jambi,” kata Elviana yang juga sukses menggaet dana Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) ke Provinsi Jambi ini.

Kata Elviana, setiap tahun Komisi XI DPR RI menyetujui dana APBN Rp 2,7 Triliun untuk melayani 4 juta ibu-ibu yang butuh bantuan permodalan untuk usaha kecil menengah.

Kata Elviana, Komisi XI DPR mendorong Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan RI untuk menyalurkan bantuan Program Usaha Ultra Mikro (UMI) kepada rakyat secara berkesinambungan. Program UMI yang didorong Komisi XI DPR sungguh sangat membantu ibu-ibu di daerah, khususnya di Provinsi Jambi. (JP-Asenk Lee)

LEAVE A REPLY