Bupati Safari Ramadhan ke Desa Tanjung Putus

0
92
Bupati Merangin H Al Haris bersama rombongan pada Jumat malam (24/5/2019), melakukan Safari Ramadhan 1440 H, ke Desa Tanjung Putus Kecamatan Bangko Barat.

Santuni Anak Yatim dan Orang Tua Jompo

Jambipos, Merangin-Bupati Merangin H Al Haris bersama rombongan pada Jumat malam (24/5/2019), melakukan Safari Ramadhan 1440 H, ke Desa Tanjung Putus Kecamatan Bangko Barat.

Rombongan bupati buka puasa bersama di rumah Kades setempat, dilanjutkan dengan Shalat Magrib berjemaah. Setelah istirahat sejenak, bupati bersama rombongan bertolak ke Masjid Baitul Ikhlas, sekitar 50 meter dari rumah kades.

Di masjid tua itu, bupati bersama rombongan dan ratusan jemaah melakukan Shalat Isya dilanjutkan Shalat Tarawih berjemaah bersama Imam Hermanto. ‘’Ini merupakan Safari Ramadhan 1440 H  saya yang terakhir,’’ujar Bupati usai Tarawih.

Safari Ramadhan lanjut bupati dibagi dalam empat kelompok, yang setiap jawalnya menyebar di 24 kecamatan. Melalui safari itu, bupati minta kepada para orang tua untuk memperhatikan pendidikan anak-anaknya.

Pendidikan itu lanjut bupati, baik pendidikan umum maupun pendidikan agama.  ‘’Terpenting anak harus diberi bekali ilmu agama. Banyak anak-anak yang tidak tahu ilmu agama, menjadi tidak karuan hidupnya,’’terang Bupati.

Terlebih sekarang ini, banyak pengaruh buruk dari berbagai sisi. Baik di pergaulan maupun lewat dunia maya. Diakui bupati banyak anak muda sekarang menjadi anak yang menganggur.

Hal itu disebabkan anak tersebut kurang mental dan kalah bersaing dengan anak-anak muda lainnya yang lebih gesit. Untuk itu bekal ilmu pengetahuan, keterampilan dan talenta anak juga sangat dibutuhkan.

‘’Tidak sedikit dari sarjana kita yang masih menganggur. Ini karena kebanyakan mereka bila sudah jadi sarjana, malah gengsi-gengsian dalam bekerja. Padahal kalau kita rajin dan tekun bekerja apa saja, tentu akan berhasil,’’jelas Bupati.

Apalagi sakarang ini kebanyakan masjid sambung bupati, jemaahnya hanya orang tua-tua saja, sedangkan anak mudanya sibuk dengan aktivitas lain, sehingga melupakan ibadah kepada Allah SWT.

‘’Sebelum kita meninggal, hendaknya kita bisa meninggalkan anak-anak yang memiliki ilmu dan akhlak mulia, sehingga nantinya anak kita menjadi orang yang sukses, beriman dan bertaqwa,’’pinta Bupati.

Dipenghujung acara yang menghadirkan penceramah Ustadz Abdul Aziz itu, bupati menyerahkan santunan kepada para anak yatim dan orang tua jompo setempat. Bupati juga menyumbang pembangunan masjid, sajadah dan Al Quran.(JP-Yah)

LEAVE A REPLY