Jambi Butuh Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang “Tajir”

0
675
H Cek Endra dan Hj Dra Elviana MSi.

Oleh: Asenk Lee Saragih

Jambipos, Jambi-Peristiwa “dasyat” yang menimpa Pemerintahan Provinsi Jambi yang banyak menyita perhatian masyarakat, bahkan media adalah Peristiwa Tanggal 28 November 2017 lalu. Mengingatkan penulis soal kasus yang menggemparkan Jambi yakni kala itu Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) oknum pejabat Pemprov Jambi dan oknum Anggota DPRD Provinsi Jambi, Selasa 28 November 2017 sore di kawasan Jalan Empu Ganring Kebun Jeruk, Telanaipura Kota Jambi.

Proses hukum buntut dari kasus ini pada masa itu memaksa Gubernur Jambi Zumi Zola, Plt Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik, Syaifudin, Supriono dan H Arfan mendekam dalam penjara. Sementara disebut 45 Anggota DPRD Provinsi Jambi Periode 2014-2019 “terinfeksi” dana suap pengesahan R-APBD Provinsi Jambi TA 2017-TA 2018.

Bahkan kini sebanyak 12 Anggota DPRD Provinsi Jambi sudah berstatus tersangka oleh KPK namun belum dieksekusi lebih dalam lagi. Bahkan ada juga kaki tangan Zumi Zola yang mengetahui suap menyuap itu justru kini terpilih sebagai Anggota DPRD Provinsi Jambi Periode 2019-2024.

Bercermin dari peristiwa buruk Pemerintah (Eksekutif) dan Legislatif Provinsi Jambi itu, tentunya pada Pilgub Jambi September 2020 harus muncul calon Gubernur Jambi dan calon Wakil Gubernur Jambi yang terinfeksi dari kasus masa lalu.

Provinsi Jambi kini butuh pemimpin yang tak hanya menang dalam popularitas. Cagub dan Cawagub harus menonjolkan aspek yang dibutuhkan Jambi dari cagub yang akan maju pasca kasus korupsi berjamaah yang menggemparkan Indonesia itu.

Pilkada Jambi kali ini beda dengan yang sebelumnya karena Jambi baru kehilangan gubernurnya yang populer. Yang tumbang karena koruptor. Problem infra struktur Jambi hancur. Jambi butuh gubernur  smart, innovatif , kaya pengalaman dan Tajir.

Kenapa harus “Tajir”? Makna maksud dan arti kata Tajir berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan juga rangkuman dari berbagai sumber lainnya.

Tajir masuk ke dalam bahasa gaul atau bahasa ABG yaitu ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan oleh anak muda. Sintaksis dan morfologi ragam ini memanfaatkan sintaksis dan morfologi bahasa Indonesia. Jadi “Tajir” adalah kaya atau banyak uang.

Selain calon yang memiliki integritas, loyalitas, popularitas, juga diwajibkan memiliki criteria smart, innovatif , kaya pengalaman dan Tajir. Kriteria ini harus melakat pada calon yang tak punya kepentingan dengan masa-masa lalu, dalam hal ini kasus “korupsi berjamaah”.

Kini masyarakat Provinsi Jambi butuh calon gubernur dan wakil gubernur “wajah baru” dan bukan wajah baru stok lama. Masuknya sejumlah nama pada bursa cagub-cawagub yang disodorkan warganet Jambi lewat social media, hal itu sah-sah saja.

Namun demikian, jika ada calon gubernur dan wakil gubernur yang kini baru menjabat satu atau masuk periode ke dua sebagai kepala daerah (Bupati/Wali Kota) sebaiknya harus berpikir dua kali. Pasalnya Pilgub Jambi bukan ajang coba-coba atau aji mumpung. Bisa-bisa akibat haus akan kekuasaan, jabatan lepas dan yang mau dikejar (cagub cawagub ) tak dapat.

Sebagai rekomendasi warganet Jambi dan dari pengamatan penulis, ada tiga sosok yang layak dan “Tajir” untuk maju di Pilgub Jambi September 2020 mendatang. Tiga sosok itu yakni Irjen Pol Drs Muchlis AS MH (kini Kapolda Jambi), H Cek Endra (kini Bupati Sarolangun 2 Periode) dan Hj Dra Elviana MSi (20 berkiprah di Senayan sebagai Wakil Rakyat dan Senator Provinsi Jambi).

Untuk posisi bisa juga disandingkan  Muchlis-H Cek Endra, Muchlis-Hj Dra Elviana. Atau H Cek Endra-Muchlis atau H Cek Endra-Elviana. Sementara untuk koalisi partai pengusung bisa komposisi PDIP-Golkar-PKB-PPP.

Untuk menentukan calon gubernur dan wakil gubernur tentunya Partai Politik akan melakukan survey internal sehingga calon yang akan diusung memiliki kapasitas, popularitas dan terlebih “isi tas” atau lebih dikenal calon yang “Tajir”. Semoga. (JP-Penulis Adalah Redpel Jambipos)

Berita Terkait

Baca: Pendekatan Kultural Ala Kapolda Jambi

Baca: Elviana Juga Layak Masuk Bursa Pilgub Jambi

Baca: Refleksi 1 Tahun OTT KPK di Jambi

Baca: Meraba Bursa Kandidat Calon Gubernur Jambi Periode 2021-2026

Baca: Perangkat Desa di Sarolangun Dorong H Cek Endra Maju di Pilgub Jambi

Baca: Meraba Bursa Kandidat Calon Gubernur Jambi Periode 2021-2026

Baca: Lolos Ke Senayan kali Ke 4, Elviana Ucapkan Terimaksih

Baca: Positif, HBA Dorong H Cek Endra Maju di Pilgub Jambi September 2020

Baca: Pengusaha Muda Ini Dukung H Cek Endra Maju Pilgub Jambi

 

LEAVE A REPLY