Pemerintah Pusat Bangun 62 Unit Perumahan SAD Senilai Rp 2,4 Miliar

0
123
Bantuan perumahan SAD Sarolangun 50 unit.

Proyek Serupa Tahun 2018 Senilai Rp 4,5 M di Tebo Gagal

Jambipos, Jambi-Pemerintah Pusat menggelontorkan dana sebesar Rp 2,4 Miliar untuk membangun 62 unit rumah untuk masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) di dua lokasi seluas 2,5 Hektare di Kabupaten Sarolangun dan Merangin. Anggaran dari Pemerintah Pusat Tahun 2019 ini tak sebesar tahun lalu yang mencapai Rp 4,5 Miliar.

Untuk lelang pelaksanaan proyek Perumahan SAD di Provinsi Jambi akan dilaksanakan usai Idul Fitri 1440 H/ 2019 M. Tahun 2018 lalu, proyek ini berlokasi di Kabupaten Tebo namun gagal penyelesaiannya karena wanprestasi dari pihak pengembang yang berakhir blacklist.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi Arief Munandar kepada wartawan baru-baru ini. Menurutnya, tahun 2019 ini pelaksanaan proyek perumahan SAD dilakukan di Kabupaten Sarolangun dan Merangin.

Kata Arief, saat ini persiapan lelang sudah dilaksanakan. Sedangkan untuk pembukaan pendaftaran lelang akan dimulai selepas Lebaran Idul Fitri 1440 H nanti. Guna mengantisipasi terjadi hal serupa di tahun 2018 lalu, pihaknya harus ekstra teliti.

“Kami akan mengecek perusahaan tersebut. Apalah permodalannya cukup, kantornya dimana, alatnya ada atau tidak, teknisi, dan tenaga lainnya di perusahaan itu. Untuk kelanjutan proyek perumahan SAD yang Terbengkalai tahun 2018 lalu, kami berupaya untuk mendapatkan kucuran dana kembali. Namun, pihak kabupaten juga diminta untuk menyiapkan lahan perumahan lagi. Sebab, lahan yang sudah tersedia untuk proyek tahun 2018 lalu, tidak boleh lagi digunakan,” kata Arief. (JP-Lee)

LEAVE A REPLY