Hantam Inggris, Belanda Bertemu Portugal di Final

0
88
Netherlands' players celebrate their third goal during the UEFA Nations League semi-final football match between The Netherlands and England at the Afonso Henriques Stadium in Guimaraes on June 6, 2019. (Photo by MIGUEL RIOPA / AFP)

Jambipos, Guimaraes- Belanda melaju ke final Liga Negara Eropa (UEFA Nations League) setelah menaklukkan Inggris, 3-1, dalam laga semifinal di Stadion D Afonso Henriques, Kamis (6/6/2019) atau Jumat dini hari WIB.

Inggris sebenarnya unggul lebih dulu setelah Marcus Rashford mencetak gol dari titik penalti pada menit ke-32. Wasit menunjuk titik putih setelah Rashford dijatuhkan Matthijs de Ligt di kotak terlarang.

De Light menebus kesalahannya dengan mencetak gol yang menyamakan skor pada menit ke-73. Gol berawal dari sepak pojok yang dikirim Memphis Depay dan disambut sundulan De Light. Kiper Inggris, Jordan Pickford, tak mampu mencegah gawangnya dari kebobolan.

Inggris sempat unggul 2-1 setelah Jesse Lingard menjebol gawang Jesper Cillessen. Namun wasit Clement Turpin dari Prancis kemudian memutuskan untuk mengevaluasinya dengan video assistant referee (VAR). Hasilnya, Lingard dianggap offside. Gol pun dianulir dan skor tetap 1-1.

Hingga menit ke-90, skor 1-1 tak berubah. Pertandingan harus dilanjutkan dengan babak tambahan. Belanda unggul 2-1 pada menit ke-97 setelah bek Inggris Kyle Walker melakukan gol bunuh diri.

Bek Manchester City ini berupaya menghalau tendangan Quincy Promes dengan kepalanya. Namun bola ternyata melesak ke gawang sendiri.

Inggris kian kesulitan mengejar setelah Belanda kembali mencetak gol pada menit ke-114 melalui aksi Quincy Promes. Waktu enam menit tersisa tak cukup bagi Inggris untuk mengejar. Belanda pun melaju ke final untuk menantang Portugal yang sehari sebelumnya menundukkan Swiss.

Laga final akan digelar di Stadion Dragao, Porto pada Minggu (9/6/2019) atau Senin dini hari WIB.

Sumber: Goal

LEAVE A REPLY