40 Tim Ikut Lomba Pacu Perahu Festival Betrix Sarolangun

0
108
Bupati Sarolangun H.Cek Endra membuka Perlombaan Pacu Perahu dalam rangka hari raya idul Fitri 1440 H di Ancol Sarolangun, Rabu (12/6/2019). Pada kegiatan ini hadir, Wakil Bupati Sarolangun, Sekretaris Daerah (Sekda), Kapolres Sarolangun, Dandim Sarolangun, Kejari Sarolangun, Kepala Pengadilan,Kepala Bank 9 Cabang Sarolangun dan Sejumlah SKPD. Foto Humas

Jambipos, Sarolangun-Bupati Sarolangun H.Cek Endra membuka Perlombaan Pacu Perahu dalam rangka hari raya Idul Fitri 1440 H di Ancol Sarolangun, Rabu (12/6/2019). Pada kegiatan ini hadir, Wakil Bupati Sarolangun, Sekretaris Daerah (Sekda), Kapolres Sarolangun, Dandim Sarolangun, Kejari Sarolangun, Kepala Pengadilan,Kepala Bank 9 Cabang Sarolangun dan Sejumlah SKPD.

Perlombaan Pacu Perahu ini merupakan Rangkaian Festival Beatrix 2019 dimana ini merupakan agenda tahunan pemerintah daerah kabupaten Sarolangun. Hiburan rakyat Sarolangun, Festival Betrix, masih dalam suasana lebaran tahun 2019 kali ini masih berlanjut.

Jika sebelumnya festival betrix yang dibuka Bupati Sarolangun Cek Endra didahului dengan lomba panjat pinang yang bertempat di depan rumah dinas bupati Sarolangun, Selasa (11/6/2019) dan Rabu (12/6/2019) digelar lomba pacu perahu.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Sarolangun, Idrus mengatakan, ada puluhan tim yang mengikuti lomba pacu perahu yang akan memperebutkan piala bergilir dan uang tunai Rp10 juta. “40 tim terdiri dari 20 Tim Tipe A dan 20 Tim Tipe B,” katanya

Menurutnya, bahwa 20 tim tipe A akan memperebutkan piala bergilir gubernur dan 20 tim tipe B memperebutkan piala bergilir Bupati Sarolangun.

Katanya, dengan momen tradisi yang memperlombakan pacu perahu juga merupakan salah satu cabang olahraga. Kegiatan ini sekaligus mencari bibit dan melatih atlet pacu perahu

“Di samping ajang hiburan Idul Fitri juga kita manfaatkan mencari bibit- bibit atlit untuk kita siapkan pada even-even tingkat provinsi, nasional bahkan internasional,” katanya.

Reihan salah seorang tim pacu perahu mengatakan jika lomba tersebut memang lomba yang ditunggu-tunggu bagi masayatakat tetutama usai lebaran idul fitri.

Berbagai upaya dan latihan sudah ia lakukan demi mengalahkan puluhan tim yang akan memperebutkan piala bergilir tersebut.

“Kalau biduk ini (perahu,red) Intinya jaga kekompakan dalam tim aja, dan konsentrasi,” tuturnya.┬áPerebutkan Rp10 Juta dan Piala Bergilir, 40 Tim Ikut Lomba Pacu Perahu Festival Betrix, Sarolangun. (JP-Nitha)

LEAVE A REPLY