Bupati Merangin Tanggapi Pandangan Fraksi-Fraksi Dewan

0
39
Bupati Merangin H Al Haris didampingi Wabup H Mashuri tanggapi pandangan fraksi fraksi dewan.

Pada Sidang Paripurna LPP-APBD Merangin 2018

Jambipos, Merangin-Bupati Merangin H Al Haris menanggapi pandangan fraksi-fraksi Dewan terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (LPP-APBD) Merangin tahun anggaran 2018, Sabtu (29/6/2019).

Disampaikan bupati pada paripurna yang dihadiri Wabup H Mashuri itu, menanggapi pertanyaan Fraksi PDIP disampaikan juru bicara Sarmadi, sekaligus menjawab pertanyaan Fraksi Partai Nasdem, Hanura, PPP dan Gerindra-PAN.

Pertanyaan fraksi-fraksi ini terkait  penurunan pendapatan daerah 2018, terutama jika dibandingkan realisasi pendapatan daerah pada 2017, serta sektor-sektor penurunan tersebut.

Para anggota Dewan yang hadir.

“Jadi penurunan Rp 3,16 miliar atau 0,24 persen itu, jika diperhatikan secara seksama dengan perbandingan realisasi target pendapatan daerah pada periode anggaran 2017-2018, maka justru diketahui terdapat peningkatan,’’ujar Bupati.

Peningkatan persenterase realisasi itu jelas bupati, sebesar 0,65 persen, yaitu dari 97.08 persen pada 2017 menjadi 97,73 persen di 2018. Disisi lain jika dibandingkan dengan terget tahun sebelumnya, terdapat penurunan terget pendapatan pada 2018.

‘’Penurunan terget pendapatan daerah pada tahun anggaran 2018 secara kumulatif itu, sebesar Rp 12,31 miliar atau sebesar 0,90 persen,’’jelas Bupati pada paripurna  yang dihadiri 29 anggota DPRD Merangin tersebut.

Jadi dapat disimpulkan bahwa penurunan realiasasi pendapatan daerah 2018 dibandingkan 2017, tidak terlepas dari turunnya terget pendapatan daerah yang ditetapkan melalui perubaan APBD tahun anggaran 2018.

Lalu sektor mana saja penyebabnya? Dijelaskan bupati, sektor yang memberikan dampak paling sinifikan, sektor pendapatan transfer bagi hasil pajak, bukan pajak, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus berkurang Rp 1,28 miliar.

‘’Selain itu sektor pendapatan transfer Pemerintah Pusat lainnya berupa dana penyesuaian juga berkurang sebesar Rp 8,83 miliar,’’tegas Bupati pada paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Merangin Syafrudin Chan tersebut.

Pada kesempatan itu, bupati juga menjawab berbagai pertanyaan Fraksi-Fraksi Dewan lainnya. Semua pertanyaan itu dijawab secara gamblang dan tegas oleh Bupati Merangin H Al Haris.(JP-Yah)

LEAVE A REPLY