Copa America, Hantam Argentina, Brasil ke Final

0
61
Para pemain Brasil merayakan gol Roberto Firmino ke gawang Argentina pada semifinal Copa America, Selasa, 2 Juli 2019. ( Foto: AFP PHOTO )

Jambipos, Belo Horizonte– Brasil sukses memetik kemenangan 2-0 atas Argentina pada semifinal Copa America, Selasa (3/7/2019) atau Rabu pagi di Stadion Mineirao. Kemenangan ini mengantar pasukan Tite melaju ke final.

Gol yang membawa tim asuhan Tite ini memetik kemenangan dilesakkan Gabriel Jesus pada menit ke-19 dan Roberto Firmino pada menit ke-71. Brasil pun melaju ke final yang akan digelar 7 Juli mendatang di Stadion Maracana, Rio de Janeiro.

Lawan Brasil di partai pamungkas adalah pemenang laga semifinal antara Cile melawan Peru. Partai ini digelar Rabu (3/7/2019) atau Kamis pagi WIB.

Melawan Argentina, pelatih Brasil Tite menurunkan formasi (4-2-3-1). Roberto Firmino menjadi ujung tombak ditopang trio Gabriel Jesus, Philippe Coutinho, dan Everton.

Duet Casemiro dan Arthur berposisi di depan empat bek yang terdiri dari duet bek tengah Marquinhos dan Thiago Silva serta bek sayap Dani Alves dan Alex Sandro. Kiper tetap dipercayakan kepada Alisson Becker.

Sementara pelatih Argentina, Lionel Scaloni memasang formasi 4-3-3. Lionel Messi menjadi andalan di lini depan bersama Lautaro Martinez dan Sergio Aguero.

Di belakang mereka ditempatkan trio Marcos Acuna, Leandro Daniel Paredes, dan Rodrigo De Paul. Nicolas Otamendi dan German Pazzella berduet di jantung pertahanan. Mereka didampingi Nicolas Tagliafico di kiri serta Juan Foyth di sisi kanan. Posisi penjaga gawang tetap dipercayakan kepada Franco Armani.

Pada menit-menit awal Argentina lebih dominan dalam penguasaan bola. Namun kemudian Brasil berhasil mengambil alih kendali permainan.

Tim Samba akhirnya berhasil mencetak gol pada menit ke-19 lewat tendangan Gabriel Jesus. Gol berawal dari aksi bek Dani Alves yang merangsek sisi kiri pertahanan Argentina.

Pemain Paris Sain Germain ini lantas mengoper bola kepada Roberto Firmino. Oleh pemain Liverool ini bola kemudian dikirim ke kotak penalti.

Gabriel Jesus yang berada di depan gawang berhasil memaksimalkan umpan yang dilepaskan Firmino. Ini merupakan gol pertama penyerang Manchester City tersebut dalam putaran final Copa America kali ini. Sebelumnya dia memang mencetak gol namun itu terjadi saat adu penalti di perempat final melawan Paraguay.

Skor 1-0 untuk keunggulan Brasil bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua Brasil tetap lebih menguasai permainan. Argentina bukannya tanpa perlawanan. Mereka berhasil melepaskan dua tendangan ke arah gawang namun gagal membuahkan gol.

Sementara Brasil berhasil memanfaatkan dua dari tiga peluang yang mereka dapatkan. Gol kedua Brasil dicetak Roberto Firmino pada menit ke-71.

Aksi Gabriel Jesus menjadi awal dari terjadinya gol ini. Dia berhasil mengirimkan umpan ke kotak penalti lalu dimanfaatkan oleh Firmino. Ini merupakan gol kedua Firmino sepanjang kejuaraan ini.

Ini untuk ke-20 kalinya Brasil berhasil melaju ke final. Mereka menjadi juara delapan kali yakni pada 1919, 1922, 1949, 1989, 1997, 1999, 2004, dan 2007).

Sementara Argentina kembali harus mengubur impian menyabet gelar bergengsi. Mereka terakhir menjadi juara Copa America pada 1993. Sementara trofi Piala Dunia terakhir mereka boyong pada 1986.

Kekalahan ini juga sekaligus mengubur impian Lionel Messi membawa negaranya menjadi juara. Sepanjang kariernya pemain yang kini berusia 32 tahun tak pernah sukses mengantar Argentina menyabet trofi.

Susunan pemain:

Brazil (4-2-3-1): 1 Alisson Becker; 13 Dani Alves, 4 Marquinhos (Miranda 64), 2 Thiago Silva, 12 Alex Sandro; 8 Arthur, 5 Casemiro; 9 Gabriel Jesus (Allan 80), 11 Philippe Coutinho, 19 Everton (Willian 46), 20 Roberto Firmino.

Argentina (4-3-3): 1 Franco Armani; 2 Juan Foyth, 6 German Pezzella, 17 Nicolas Otamendi, 3 Nicolas Tagliafico (Paulo Dybala 86); 16 Rodrigo De Paul (Giovani Lo Celso 67), 5 Leandro Paredes, 8 Marcos Acuna (Angel Di Maria 59); 10 Lionel Messi, 22 Lautaro Martinez, 9 Sergio Aguero.

Sumber: Sportinglife

LEAVE A REPLY