Wabup: Sektor Kesehatan Peran Utama Dalam Kehidupan

0
28

Jambipos, Merangin-Sektor kesehatan merupakan salah satu sektor yang sangat strategis dalam meningkatakan kualitas kehidupan manusia. Hal tersebut ditegaskan Wabup Merangin H Mashuri pada apel kedisiplinan Senin (15/7/2019).

Pada apel yang diikuti ribuan pegawai tersebut, wabup menegaskan apabila seseorang bermasalah dengan kesehatannya, maka akan ada masalah lain yang menyertai.

Seseorang itu lanjut wabup, akan menjadi kehilangan hari belajar bagi para peserta didik. Sedangkan bagi pekerja, mereka akan kehilangan hari kerja dan produktivitas serta meningkatnya pengeluaran karena biaya pengobatan.

‘’Untuk menyiasati pembiayaan kesehatan keluarga ini, Pemerintah sudah meluncurkan program jaminan kesehatan nasional, yang dananya dikelola BPJS dengan premi untuk masyarakat miskin ditanggung oleh Pemerintah,’’ujar Wabup.

Terkait dengan kesediaan obat TBC jelas wabup, Pemerintah telah mendisitribusikan obat anti Tuberculossa sampai di tingkat Puskesmas. Termasuk sarana penunjang diagnosa dan tenaga annalis.

Sedangkan untuk anak balita pendek atau sering disebut Stanting (Stunting) ada banyak faktor penyebabnya. Diantaranya faktor ibu yang kurang asupan nutrisi di masa remajanya.

Masa kehamilan dan masa menyusui serta infeksi pada ibu. Faktor lainnya berupa kualitas pangan, yakni rendahnya asupan vitamin dan mineral, buruknya keragaman pangan dan sumber protein hewani.

‘’Faktor ekonomi, pendidikan dan infrastruktur, budaya dan lingkungan juga sangat menentukan terjadinya balita pendek ini. Untuk itu ibu hamil harus memenuhi asupan pangan yang lengkap,’’pinta Wabup. (JP-Yah)

LEAVE A REPLY