Luar Biasa Ketatnya Aturan Kalapas Bangko Suroto Bc.Ip. s.Ap.

0
60

Jambipos, Merangin-Kurang lebih satu tahun, Terhitung sejak 6 September 2018 hingga saat ini SUROTO Bc.Ip.s.Ap. menjadi Kepala Lapas (KALAPAS)) Bangko. .

Sebagai Kepala Lembaga Lemasyarakatan. Seperti biasa Setelah apel pagi, Suroto selalu rutin memeriksa (Razia) ke kamar para napi. Razia ini bermaksud mengantisipasi masuknya barang – barang yang dilarang (Narkotika dan Psikotropika) masuk kedalam lapas. Hal ini sudah jadi ketententuan dan aturan yang harus diterapkan didalam lapas. ” Kita harus bekerja sesusi aturan.” Ujarnya tegas pada Jambipos.id. dikantornya.

Suroto menjelaskan, visi kita lainnya adalah mencegah masuknya handphone. Bukan hanya pengunjung napi yg dilarang membawa hp ke dalam lapas ini. Tapi termasuk petugas yang masuk ke dalam lapas ini. Hp nya harus dimasukan ke dalam lemari yang telah kita siapkan.

Jika ada yang kedapatan dan terbukti melanggar aturan ini, maka akan kita ambil tindakan tegas
Dan kalau ada kedapatan petugas yang melangar maka sanksi yang diberikan akan lebih tegas.

Ia juga menjelaskan, saat ini penghuni Lapas Bangko sudah over target.
Kapasitas dan fasilitas hanya untuk 150 napi. Namun saat ini diisi dengan 348 nĂ pi. bayangkan, gimana situasinya.
Oleh sebab itu, Harapan saya kedepan ada tambahan kamar tahanan dalam lapas. Sehingga dapat menampung lebih banyak lagi.

Sementara itu, pada kesempatan Jambipos.id bincang – bincang dengan beberapa napi dilapas Bangko. Dari pengakuan beberapa napi menjelaskan, bahwa mereka sangat merasakan aturan yang sangat ketat yang diberlakukan dilapas Bangko. “Saya lebih kurang dua tahun menjalani hukuman. Dari 2017 hingga 2019 ini selesai.

Selama itu, baru kali ini ia rasakan Kalapas yang benar – benar disiplin dalam menerapkan aturan didalam lapas. Oleh karna itu, menurutnya ketegasan disiplin dan aturan yang diterapkan sangat luar biasa.” Ungkapnya. ((JP – YAH )

Editor: Arman

LEAVE A REPLY