PUPR Provinsi Jambi Bahas Pembukaan Akses Ujung Jabung

0
72
Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi melalui Bidang Bina Marga PUPR Provinsi Jambi melakukan rapat membahas pembukaan jalan desa Simpang-Ujung Jabung, Kabupaten Tanjabtim, Selasa (20/8/2019). Foto Humas PUPR

Jambipos, Jambi-Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi melalui Bidang Bina Marga PUPR Provinsi Jambi melakukan rapat membahas pembukaan jalan desa Simpang-Ujung Jabung, Kabupaten Tanjabtim, Selasa (20/8/2019).

Rapat dimpimpin oleh Kabid Bina Marga PUPR Provinsi Jambi Ir Tetap Sinulingga mewakili Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi Ir Muhammad Fauzi,MT bertempat di Ruang Rapat Bidang Bina Marga.

Menurut Tetap Sinulingga Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR akan berkolaborasi dalam mewujudkan pembangunan Pelabuhan Samudra Ujung Jabung yang sudah dirintis era Gubernur Jambi HBA.

Disebutkan, jalan menuju Pelabuhan Ujung Jabung sudah dirintis. Bahkan jalan tersebut jauh dari areal Taman Nasional Berbak. “Kami sudah melihatnya lokasi dan menelusuri jalur menuju ke Pelabuhan Ujung Jabung. Semua sudah kita dokumentasikan menggunakan drone. Nanti hasilnya akan kita presentasikan di Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan. Sehingga Pemerintah Pusat bisa fokus untuk mewujudkan Pelabuhan Samudra Ujung Jabung itu,” ujar Tetap Sinulingga.

Baca: PUPR Alokasikan Dana Rp 62 Miliar untuk Pembebasan Lahan Menuju Pelabuhan Ujung Jabung

Sementara pada Senin 1 Oktober 2018 lalu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum didampingi Sekretaris PUPR Provinsi Jambi Nazirwan, Kabid Bina Marga PUPR Provinsi Jambi Ir Tetap Sinulingga dan Kadis Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adi Putra melakukan audiensi bersama pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI dan Kementerian Perhubungan RI membahas tindak lanjut Percepatan Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung, bertempat di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Jakarta Pusat.

Disebutkan, pelaksanaan eksekusi di lapangan dilakukan bekerjasama dengan Korem 042 GAPU melalui Karya Bhakti. Nantinya terase jalan ini yang akan digunakan sebagai akses menuju dan keluar dari Pelabuhan Ujung Jabung. Pembebasan lahan serta penentuan titik koordinat telah dilakukan.

Sementara Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi Ir M Fauzi MT belum lama ini mengatakan, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi telah mengalokasikan dana sebesar Rp 62 Miliar untuk pembebasan lahan untuk akses jalan menuju Pelabuhan Ujung Jabungdi Sungai Itik, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim).

Disebutkan, saat ini tim pembebasan lahan sedang memasuki tahap pen lock (pemancangan). Ddiperkirakan bakal siap dalam waktu dekat. Ini setelah tahapan konsultasi publik dan sosialisasi lahan tersebut telah diselesaikan.

“Nanti setelah itu tinggal penetapan lokasi jalan. Setelah ditetapkan dan dapat tanda tangan Gubernur Jambi baru kita bersama BPN dan badan spasial akan melakukan pembayaran pada pemilik lahan,” katanya.

Disebutkan, nantinya, lahan yang dibebaskan itu akan dibuatkan jalan sepanjang 42 Km untuk memperlancar akses ke pelabuhan yang diproyeksikan menjadi pemicu berkembangnya pelabuhan dan ekonomi masyarakat sekitar.

“Oleh karenanya, PUPR akan membuka akses jalan terlebih dahulu. Karena ada titik yang harus dibuka baru dan ada beberapa titik yang harus dilakukan pelebaran. Ada yang sudah ada jalannya dan ada yang belum, akan kita generalisasikan. Artinya jalan yang belok akan kita luruskan,” ujarnya.

Kata Fauzi, untuk kepastian waktu selesainya pembebasan lahan itu pada bulan Juni 2019 lalu. Sementara untuk pengerjaan fisik akan dilakukan secara bertahap dengan dana Rp 62 Miliar.

Dia menyebut, bahwasanya dana tersebut juga termasuk untuk pembebasan lahan lainnya seperti di Jalan Pattimura (setelah Lapas Kota Jambi). Setelah selesai di Tanjabtim akan ke Pattimura Kota Jambi sampai ke perbatasan dengan Muarojambi.

Kata Fauzi, Dirinya bersama Kabid Bina Marga PUPR Provinsi Jambi Ir Tetap Sinulingga bersama Pejabat Stakeholder dari Bappeda Provinsi Jambi, Biro Pembangunan Provinsi Jambi, Biro Aset Provinsi Jambi serta pihak Pemerintah Kabupaten Tanjabtim telah melakukan “Joint Survey” meninjau  pembangunan akses jalan Pelabuhan Ujung Jabung, Tanjabtim, Kamis (18/4/2019) lalu.

Menurut Kadis PUPR Provinsi Jambi Ir M Fauzi MT, nantinya terdapat beberapa trase jalan baru maupun jalan kabupaten yang saat ini sudah ada akan kita bangun. Dan untuk pembebasan lahannya juga sedang dan sudah dilakukan.

“Kini kami melakukan pematokan 25 meter kiri-kanan dari “center line” untuk badan jalan. Kita juga bekerjasama dengan TNI AD untuk membuka beberapa terase jalan baru dengan cara Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) setelah seluruh lahan untuk terase jalan ini “clear n clean”. Maka peningkatannya nanti akan dibantu oleh Pusat melalui dana APBN,” ujar M Fauzi MT. (JP-Asenk Lee)

 

LEAVE A REPLY