Tertimpa Pohon, Anggota Pemadam Kebakaran Hutan di Batanghari Meninggal

0
100
ILUSTRASI-Aparat Brimob Polda Jambi berupaya memadamkan api yang melalap kebun sawit di Desa Sipinteluk Kecamatan Kumpeh Ulu, Muarojambi, Provinsi Jambi baru-baru ini. (Istimewa)

Jambipos, Jambi-Seorang anggota pasukan pemadam kebakaran hutan dan lahan Manggala Agni Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, Asmara (41) yang tertimpa kayu ketika memadamkan kebakaran hutan di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Batanghari akhirnya meninggal dunia, Jumat (23/8/2019). Asmara menghembuskan nafas terakhir setelah sempat mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit (RS) Siloam Kota Jambi sejak Kamis (22/8/2019).

Anggota Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Batanghari itu dimakamkan di kampung halamannya, Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Jambi, Jumat (23/8/2019) siang.

Gubernur Jambi, Fachrori Umar menyampaikan rasa duka mendalam atas meninggalnya anggota pasukan pemadaman karhutla di Batanghari tersebut. Perjuangan Asmara turut memadamkan karhutla selama ini hendaknya menjadi teladan bagi seluruh anggota pasukan pemadam karhutla di Jambi.

“Kami turut berduka atas meninggalnya Asmara. Beliau telah berjuang hingga mengorbankan nyawa untuk memadamkan karhutlah, demi keselamatan banyak orang. Perjuangan Asmara menjadi contoh bagi segenap pasukan pemadam karhutla menjalankan tugas berat memadamkan karhutla,” katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi yang juga WakilKomandan Satgas Karhutla Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah mengatakan, segenap jajaran BPBD dan Satgas Karhutla Jambi juga menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya anggota Satgas Karhutla Batanghari dari Satuan Manggala Agni tersebut.

“Kami turut berduka atas meninggalnya Asmara, seorang anggota Satgas Karhutla Batanghari yang cukup tekun menjalankan tugas berat di lapangan selama ini. Upaya sudah dilakukan untuk menyelamatkan Asmara yang mengalami luka berat akibat tertimpa kayu ketika memadamkan karhutla di Batanghari. Namun nyawa Asmara tidak tertolong,”katanya.

Dijelaskan, anggota Manggala Agni Kabupaten Batanghari tersebut mengalami luka serius di bagian kepala akibat tertimpa pohon tumbang ketika memadamkan api di kawasan Tahura Sultan STS Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, Kamis (22/8). Asmara sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hamba Muarabulian, Batanghari.

“Namun karena kondisinya kritis, Asmara akhirnya dilarikan RS Siloam Kota Jambi. Asmara mengalami luka robek pada kepala sebelah kiri dan pendarahan pada telinga sebelah kiri,” katanya.(JP-SP)

LEAVE A REPLY