JK Berharap Pimpinan Baru KPK Bekerja Lebih Baik

0
27
SP/Ruht Semiono Firli Bahuri Ikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Capim KPK - Calon Pimpinan KPK Firli Bahuri saat uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (12/9/2019). Para calon pimpinan KPK mempresentasikan makalah dengan tema yang ditentukan saat uji kelayakan dan kepatutan.

Jambipos, Jakarta-Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berharap pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru bisa bekerja dengan lebih baik dalam memberantas korupsi.

“Ya tentu harapannya agar bekerja dengan baik dalam memberantas korupsi,” kata JK usai menghadiri Indotrans Expo 2019 di JCC, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

JK juga meminta masyarakat menerima hasil pemilihan pimpinan KPK yang baru. Apalagi, proses pemilihan sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku.

“Selama dijalankan dengan aturan dan konstitusi ya saya kira harus diterima. Yang berhak mengangkat memilih kan DPR. Ya, DPR memilih, DPR dipilih rakyat,” ujar JK.

Terkait pengunduran diri Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, JK mengatakan bahwa hal itu merupakan pilihan Saut.

“Itu (keputusan) pribadi beliau,” ucap JK.

Komisi III DPR RI telah memilih lima dari 10 calon pimpinan KPK periode 2019-2023. Mereka yakni, Firli Bahuri sebagai ketua KPK, Alexander Marwata, Nurul Ghufron, Nawawi Pomolango, dan Lili Pintauli Siregar.

Proses pemilihan dilakukan secara voting yang diikuti oleh anggota Komisi III. Dalam proses voting tersebut, Firli menduduki peringkat pertama dengan 56 suara.

Suara Firli dipepet Alexander Marwata dengan 53 suara. Ghufron berada di posisi ketiga dengan 51 suara.

Di posisi keempat ada Nawawi. Capim yang saat ini berprofesi sebagai hakim itu mendapatkan 50 suara, dan Lili Pintauli Siregar 44 suara.

Sumber: BeritaSatu TV

LEAVE A REPLY