28 Orang Warga Kota Sungaipenuh Dipulangkan dari Wamena

0
42
Anak-anak Pengungsi dari Wamena Lanjutkan Sekolah di Toraja ( Foto: Youtube.com/BeritaSatu / BSTV )

Jambipos, Jambi- Pemerintah Kota (Pemkot) Sungaipenuh, Provinsi Jambi, berhasil memulangkan 28 orang warganya yang sempat terjebak kerusuhan di Wamena, Jayawijaya, Papua.

Perantau asal Kota Sungaipenuh yang sudah belasan tahun tinggal di Wamena tersebut tiba di kampung halaman mereka, Kecamatan Hamparan Rawang, Kota Sungaipenuh, Minggu (6/10/2019).

Wali Kota Sungaipenuh, Asafri Jaya Bakri di Kota Sungaipenuh, Minggu (6/10/2019) menjelaskan, pihaknya berupaya memulangkan warganya yang terjebak kerusuhan di Wamena demi keselamatan mereka. Warga Kota Sungaipenuh yang sempat mengungsi tersebut terpaksa dipulangkan menyusul situasi Wamena yang dinilai masih rawan.

“Setelah kerusuhan di Wamena pecah, puluhan warga Kota Sungaipenuh di daerah itu sempat panik akibat kerusuhan. Mereka pun mengungsi. Karena itu kami berupaya memulangkan mereka. Warga Kota Sungaipenuh yang pulang dari Wamena kami jemput di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Kota Jambi Sabtu ((5/10/2019). Selanjutnya mereka kami antarkan ke kampung halaman mereka, Hamparan Rawang, Minggu (7/10/2019),” ujarnya.

Sementara itu, Camat Hamparan Rawang, Eka Putra menyatakan bersyukur warganya yang selama ini merantau ke Wamena bisa selamat kembali ke Sungaipenuh. Pihaknya sempat waswas warga Kota Sungaipenuh yang tinggal di Wamena menjadi korban kerusuhan.

“Kami berterima kasih kepada Pemkot Sungaipenuh dan seluruh pihak di Wamena, Papua yang membantu pemulangan warga kami dari Wamena. Sebanyak 28 orang warga Kota Sungaipenuh yang tinggal Wamena selamat semua kembali ke kampung halaman,”katanya.

Menurut Eka Putra, pihaknya akan membantu warga mereka yang pulang dari Wamena untuk mendapatkan pekerjaan di Kota Sungaipenuh. Sebagian besar warga Kota Sungaipenuh yang pulang dari Wamena itu pekerja di beberapa perusahaan swasta.(JP-SP)

LEAVE A REPLY