Tiga Gajah Liar di Batanghari Berhasil Diselamatkan

0
50
Ilustrasi gajah liar. ( Foto: Antara )

Jambipos, Jambi-Tiga ekor gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrae) yang berkeliaran di areal perkebunan kelapa sawit masyarakat Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari, Jambi berhasil diselamtkan. Tiga ekor gajah Sumatera jantan tersebut memasuki areal perkebunan kelapa sawit di Batanghari sejak Mei-September lalu.

“Ketiga ekor gajah yang masih muda tersebut berhasil kami halau kembali ke habitatnya, hutan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) Kabupaten Tebo, Jambi, pekan lalu. Gajah liar tersebut berhasil digiring ke TNBT menggunakan tiga ekor gajah yang sudah jinak. Penyelamatan gajah liar itu menerjunkan tujuh orang mahot atau pawing gajah,”kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi, Rahmad Saleh di Jambi, Minggu (6/10/2019).

Dijelaskan, tiga ekor gajah liar keluardari habitatnya di TNBT, Kabupaten Tebo, Jambi diduga akibat kesulitan mendapat makanan, menyusul musim kemarau dan kebakaran hutan dan lahan yang melanda daera itu. Ketiga ekor gajah tersebut sempat berkeliaran di kawasan perkebunan kelapa sawit mulai dari Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo, ke Kecamatan Marosebo Ulu, Kabupaten Batanghari sejak Mei-Juli 2019. Kemudian tiga bulan terakhir, ketiga ekor gajah tersebut sampai ke wilayah Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari.

“Operasi penyelamatan tiga ekor gajah liar tersebut mulai kami lakukan 24 – 29 September 2019. Penyelamatan gajah liar tersebut sulit karena wilayah penjelajahannya cukup luas. Ketiga ekor gajah liar tersebut dipastikan kembali ke TNBT pekan lalu,”katanya.

Menurut Rahmad Saleh, populasi gajah Sumatera di kawasan TNBT wilayah Tebo, Jambi – Riau saat ini diperkirakan mencapai 120 ekor. Populasi gajah di TNBT sering keluar dari habitatnya dan masuk ke wilayah perkebunan rakyat akibat kegiatan pengembangan perkebunan dan kehutanan ke daerah penyangga TNBT.

Dijelaskan, ketiga gajah Sumatera yang berasil dikembalikan ke habitatnya tersebut, gajah jantan pertama dengan tinggi badan 218 sentimeter (cm), lingkar dada 351 cm dan berat badan 2,5 ton. Kemudian gajah jantan kedua tinggi badan 198 cm, lingkar dada 345 cm dan berat badan 2,2 ton. Sedangkan gajah jantan ketiga memiliki tinggi badan 207 cm, lingkar dada 386 cm dan berat badan 2,9 ton.

“Kami akan terus memantau pergerakan ketiga gajah tersebut agar tidak kembali keluar dari habitatnya. Warga masyarakat dan perusahaan di kawasan TNBT juga kami imbau turut memantau keberadaan ketiga gajah tersebut. Kami minta warga masyarakat dan peruisahaan sekitar TNTB tidak menjerat dan memburu gajah tersebut jika masuk ke perkebunan,” katanya.(JP-SP)

LEAVE A REPLY