Elviana Terpilih Aklamasi Jadi Ketua Komite IV DPD RI

0
77
Hj Dra Elviana MSi, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Periode 2019-2024 Dapil Provinsi Jambi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Komite IV DPD RI (Bidang Keuangan Perbankan), Selasa (8/10/2019). (Foto Istimewa)

Jambipos, Jambi- Hj Dra Elviana MSi, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Periode 2019-2024 Dapil Provinsi Jambi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Komite IV DPD RI (Bidang Keuangan Perbankan), Selasa (8/10/2019).

“Terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Komite IV DPDRI (Bidang Keuangan Perbankan). Insyaa Allah memberi manfaat untuk Jambi dan Indonesia. Aamiin,” ujar Elviana lewat linimasa social media miliknya, Selasa malam.

Seperti diberitakan, Elviana akan dibantu tiga orang wakil yaitu Sukiryanto (Kalimantan Barat) selaku Wakil Ketua I; Casytha A Kathmandanu (Jawa Tengah) selaku Wakil Ketua II; dan Novita Anakotta (Maluku) selaku Wakil Ketua III.

Novitta Alakotta, senator Maluku yang terpilih sebagai unsur pimpinan Komite IV dari wilayah Timur II menyatakan, pimpinan yang terpilih dari wilayah Barat II, Timur I dan Timur II sepakat meminta Elviana sebagai Ketua Komite IV DPD RI.

Alasannya, Elviana dianggap sudah senior karena sudah pernah dua periode di DPR RI, satu periode di DPD RI dan terakhir sebagai anggota Komisi XI DPR RI. Hal ini yang membuat Elviana didaulat sebagai Ketua Komite IV DPD RI yg membidangi Keuangan Perbankan.

Elviana sendiri, dalam sambutan awalnya setelah menerima palu pimpinan berkomitmen untuk membawa Komite IV DPD RI menjadi komite yang memberi manfaat. “Khususnya bagi rakyat dan daerah yang kami wakili,” kata dia.

Lanjutnya, dirinya dan pimpinan lain serta seluruh anggota Komite IV, juga akan berjuang membangun daerah, melalui DPD RI ini.

Untuk diketahui, Ketua Komite I adalah Agustin Teras Narang (mantan Gubernur Kalteng), Ketua Komite II Yoris  Yuarei (mantan anggota DPR RI), dan Ketua Komite III Bambang Sutrisno.

Seperti diketahui Elviana merupakan politisi dan senator perempuan asal Jambi yang mengabdi di Senayan selama 4 periode. Bahkan hasil perolehan suara saat Pemilu 17 April 2019 lalu, perolehan suara Elviana merata di seluruh kabupaten/kota se Provinsi Jambi.

Selama di Senayan, Elviana sukses mengusung program pusat ke daerah, diantaranya Program Beasiswa PIP untuk siswa-siswi di Jambi ketika Elviana duduk sebagai Anggota Komisi X DPR RI, Program Bantuan Beasiswa Bidikmisi, LPDP dari Kementerian Keuangan untuk Mahasiswa Jambi.

Saat duduk sebagai Anggota Komisi XI DPR RI, Elviana juga mengusung Program Bantuan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Program PSBI. Selanjutnya Program Bantuan Alsintan Pertanian dan Modal Usaha Kelompok, Bantuan Benih Pertanian, Progran Mekar UMI Program Bantuan untuk masyarakat atau ibu-ibu rumah tangga tanpa agunan dengan syarat KTP dan KK saja dari Kementerian Keuangan kini sudah mencapai 10.000 nasabah di Provinsi Jambi.

Elviana juga mengusung Dana DAK aspirasi sebag Anggota Badan Anggaran DPR untuk Kota Jambi Rp 100 M, untuk Kabupaten Merangin Rp 56 M dan terbaru untuk Rumah Sakit Pemkab Bungo Rp 43 M. Bahkan penambahan runway Bandara Muarabungo dari 1500 meter menjadi 1800 meter sehingga bisa didarati oleh pesawat Boeing juga atas upaya Hj Elviana sewaktu rapat di Banggar DPR dengan Menteri Perhubungan Ignatius Jonan.

Elviana juga mendorong pembangunan kantor layanan perbankan di ibu kota kecamatan di Provinsi Jambi seperti di SP3 Limbur Lubuk Mengkuang dan di Kecamatan Masurai Kabupaten Merangin.

Hal itu sebagian kecil program yang telah diperjuangkan Elviana untuk Provinsi Jambi. “Saya ingin terus membantu masyarakat Provinsi Jambi, agar ekonomi dan penghasilan masyarakat bisa meningkat, bantuan yang langsung bersentuhan dengan masyrakat kecil,” tambahnya dalam kesempatan lain.

Disebutkan, munculnya program UMI yang digagas Elviana bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani ini guna mengatasi kesulitan pengusaha UKM dalam memperoleh pinjaman dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang mewajibkan nasabah menyerahkan bukti jaminan. Sedangkan Program UMI tidak ada agunan.

“Untuk di Kabupaten Merangin sendiri sudah tercatat 5000 ibu-ibu yang sudah menikmati dana Program UMI sejak pertengahan tahun 2018 lalu dengan usaha yang berkembang pesat. Bahkan untuk di Kabupaten Merangin tidak ada tunggakan dari penerima bantuan modal ini,” ujar Elviana.

“Kami Komisi XI DPR RI masa Reses masa sidang ke IV mulai 28 Maret 2019 hingga 7 Mei 2019 lalu. Saya melihat program tersebut di lapangan. Apakah program yang kami gagas di Komisi XI dengan Menteri Keuangan RI ini berjalan dengan baik. Ternyata dari hasil pemantauan dan pengawasan kami program UMI ini berjalan dengan baik di Provinsi Jambi,” kata Elviana yang juga sukses menggaet dana Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) ke Provinsi Jambi ini.

Kata Elviana, setiap tahun Komisi XI DPR RI menyetujui dana APBN Rp 2,7 Triliun untuk melayani 4 juta ibu-ibu yang butuh bantuan permodalan untuk usaha kecil menengah.

Kata Elviana, Komisi XI DPR mendorong Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan RI untuk menyalurkan bantuan Program Usaha Ultra Mikro (UMI) kepada rakyat secara berkesinambungan. Program UMI yang didorong Komisi XI DPR sungguh sangat membantu ibu-ibu di daerah, khususnya di Provinsi Jambi.(JP-Lee)

 

LEAVE A REPLY