Ini Sumpah dan Janji yang Akan Dibacakan Jokowi dan Kiai Ma’ruf

0
42
Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. ( Foto: Antara )

Jambipos, Jakarta- Presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma’ruf Amin akan dilantik MPR hari ini, Minggu (20/10/2019) pukul 14.30 WIB. Bagi Jokowi, pembacaan sumpah sebagai presiden nanti tentu bukan hal yang baru, karena sudah pernah melakukannya pada lima tahun lalu.

Tetapi, bagi Kiai Ma’ruf, membaca sumpah jabatan sebagai wakil presiden merupakan pengalaman pertama. Selain bersumpah, presiden dan wapres terpilih juga mengucapkan janji. Berikut sumpah dan janji presiden dan wakil presiden yang dikutip Beritasatu.com dari Ayat 1 Pasal 9 UUD 1945:

Sumpah Presiden (Wakil Presiden):
“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti, kepada Nusa dan Bangsa.”

Janji Presiden (Wakil Presiden) :
“Saya berjanji dengan sungguh-sungguh akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik – baiknya dan seadil – adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti, kepada Nusa dan Bangsa.”

Sumber: Suara Pembaruan

LEAVE A REPLY