counter easy hit Bermain Banjir, Tiga Remaja Korban di Anak Sungai Wuduri II Kota Jambi - JambiPos.id

Bermain Banjir, Tiga Remaja Korban di Anak Sungai Wuduri II Kota Jambi

Jambipos, Jambi-Hujan yang mengguyur Kota Jambi dua hari terakhir menimbulkan debit air anak-anak sungai di Kota Jambi naik signifikan. Namun derasnya arus anak-anak sungai itu justru dimanfaatkan remaja-remaja bermain. Seperti remaja warga RT 27 Kelurahan Paal Lima, Kotabaru, Kota Jambi. Tak disangka tiga remaja yang tengah bermain banjir anak sungai Paal V Kotabaru-Widuri II Jelutung, Kota Jambi hanyut dan tewas, Senin (17/12/2018) sekira Pukul 08.30 WIB.

Dari informasi yang dirangkum, tiga remaja, Munir (16), Ilham (16) dan Sultani Rizki (15) hanyut dan tenggelam di anak sungai di RT 27 Kelurahan Paal Lima, Kotabaru, Kota Jambi, sekira pukul 08.30 WIB, pada Senin 17 Desember 2018.

Kronologi kejadian itu menyebutkan, hujan lebat pada Minggu (16/12/2018) mengakibatkan debit air anak sungai di RT 27 Kelurahan Paal Lima, Kotabaru, Kota Jambi naik. Paginya, Senin (17/12/2018), sekitar Pukul 08.30 WIB, tiga remaja, Munir, Ilham dan Sultani Rizki, yang sedang bermain di kawasan itu bersama lima teman lainnya, hanyut dan tenggelam di anak sungai.

Satu korban atas nama Andi Ilham Saputra belum ditemukan. Sementara Munir sempat diselamatkan oleh warga sekitar karena tersangkut di ranting bambu, dan segera dilarikan ke Rumah Sakit Baiturahim dan selamat.

Sekira pukul 08.00 WIB, Hadi Kurniawan melihat Andi Ilham Saputra bersama 6 (enam) orang temannya sedang berada dipinggir anak sungai. Mereka sedang bermain air, diduga hendak berenang di anak sungai itu.

Hadi Kurniawan sempat menegur mereka, agar tidak bermain di air atau berenang. Karena ditegur, mereka akhirnya pindah dari pinggir anak sungai  ke jembatan dan duduk-duduk di atas jembatan.

Saat duduk-duduk itu, tiba-tiba Andi Ilham Saputra diduga terdorong oleh WHS. Andi Ilham Saputra terjatuh. Saat di dalam air, kepalanya sempat muncul ke permukaan, namun kemudian terbawa arus air yang sangat deras.

Melihat peristiwa itu, WHS minta tolong kepada Munir yang sedang berada di pinggir anak sungai yang tak jauh jembatan agar menyelamatkan Andi Ilham Saputra.

Munir kemudian mencoba menyelamatkan rekannya itu dengan cara menarik kaki. Namun sayang, karena arus yang sangat deras, Munir ikut terbawa arus. Namun dia selamat karena tubuhnya menyangkut di ranting bambu di pinggir sungai. Munir dibawa ke Rumah Sakit Baiturrahim oleh keluarga dibantu warga sekitar.

Kemudian Pukul 08.40 WIB Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf. Iswadi beserta Babinsa dan anggota Koramil tiba di lokasi untuk mencari korban bersama dengan Kapolsek Kotabaru beserta anggotanya.

Sekira pukul 09.10 WIB Tim Penyelamatan Kota Jambi, Basarnas dan BNPB, Damkar, Satpol dan Polair Polda Jambi tiba di lokasi kejadian untuk mencari korban.

Aparat Polsek Kotabaru beserta anggotanya kemudian memanggil saksi yakni MAP (teman korban), dan menemui WHS di rumahnya, tidak jauh dari lokasi kejadian perkara.

Menurut keterangan WHS, dia tidak sengaja mendorong korban karena pada saat itu sedang memangku anaknya dan tersenggol badan korban. Sekira pukul 14.15 WIB WHS dibawa ke Polsek Kotabaru guna dimintai keterangan dan penyelidikan lebih lanjut.

Ada tiga saksi yang melihat kejadian itu. Siang tadi, WHS diamankan di Kepolisian Sektor Kotabaru, Polresta Jambi. Saat diinterogasi oleh aparat Polsek Kotabaru di rumahnya, WHS mengaku tidak sengaja mendorong Ilham.

Hingga saat ini pihak gabungan dari Koramil 09-415/BTH, Polsek Kotabaru, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi, Satpol Air Polda Jambi dan dibantu oleh warga sekitar masih melakukan upaya pencarian satu korban.

Kapolsek Kota Baru, AKP Andi Zulkifli membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia, saat ini tim Basarnas tengah melakukan pencarian untuk satu korban yang tengah terbawa arus. “Korban dua orang. Satu saat ini sedang dicari oleh tim di lokasi,” katanya.

Korban Sultani Rizki

Tim pencari dan penyelamat menemukan satu korban lain atas nama Sultani Rizki (15), di aliran anak sungai di kawasan Paal Lima Kotabaru, pada Senin (17/12/2018) sekira Pukul 22.30 WIB.

Awalnya korban Sultani Rizki, tidak termasuk dalam laporan dua korban atas nama Ilham dan Munir, yang hanyut pada pagi harinya. Hingga mayat ditemukan, tidak ada laporan dari pihak keluarga.

Warga menyebutkan, Rizki merupakan anak yatim, sehingga pihak keluarga (kakak) tidak merasa kehilangan saat Rizki tidak pulang sejak pagi.

Korban ditemukan oleh tim gabungan dari Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi, Sat Korps Brimob, TNI Kodim 0415 Batanghari, Dirpolair Polda Jambi, dan Basarnas di aliran sungai di belakang Asrama CPM. Saat ini jenazah dibawa ke Rumah Sakit Bayangkara.

Hujan yang deras di Kota Jambi dan sekitarnya, mengakibatkan debit air anak-anak sungai di Kota Jambi tinggi dan perlu diwaspadai. Pihak orang tua juga diminta untuk melarang anak-anak mereka agar tidak bermain banjir di anak-anak sungai karena srusnya deras.

Sementara sepekan terakhir, debit air Sungai Batanghari juga naik signifikan. Bahkan wilayah Jambi Kota Seberang sudah awas banjir dan sejumlah rumah penduduk di Kelurahan Legok, Telanaipura Kota Jambi sudah terendam banjir.

Sejumlah Perumahan di Kota Jambi juga terdampak banjir dua hari terakhir. Seperti di Perumahan Namura Indah, Perum Kembar Lestari, Lorong Makmur, Perum Aurduri 1, Perum Namura Indah, Perum Depan Akbid, Perum Puri Masurai 2 dan Kampung Bugis. (JP-Lee)

 

Recommended For You