counter easy hitBoni Hargens: Wajar AHY Panik, Posisinya Tak Kuat Lagi di Demokrat - JambiPos.id

Boni Hargens: Wajar AHY Panik, Posisinya Tak Kuat Lagi di Demokrat

Jakarta, Jambipos – Pakar politik Boni Hargens menilai, wajar Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) panik dengan adanya upaya “kudeta” terhadap kepemimpinan Partai Demokrat. Menurut Boni, posisi AHY tidak terlalu kuat lagi di Partai Demokrat sehingga rentan ‘digoyang’.

Boni menilai kekuatan satu-satunya bagi AHY untuk bertahan sebagai nahkoda adalah memperoleh dukungan kader. Namun, kata dia, soliditas internal dan loyalitas kader selalu fleksibel dalam kultur parpol yang lemah managemen internal.

“Itu artinya peluang faksionalisasi memang besar. Maka tidak salah AHY panik. Dia tahu diri dan menyadari bahwa dia masih bertahan karena ada dalam bayang-bayang ayahnya. Bagaimana kalau ada ‘orang kuat’ yang mengambilalih kepemimpinan? AHY tampaknya belum siap menerjang badai. Dia membutuhkan pengalaman banyak untuk itu,” jelas Boni.

Lebih lanjut, Boni menilai reaksi AHY yang berlebihan semakin menunjukkan kapabilitasnya yang lemah dalam memimpin Partai Demokrat. “Reaksinya yang berlebihan memperlihatkan kapabilitas (AHY) yang masih prematur dalam memimpin partai. Saya kira terlalu sempit berpikir kalau mereka menuduh seseorang seperti Andi Arief yang menuduh Moeldoko. Masalahnya bukan soal siapa yang mau merebut, tapi soal seberapa matang dan dewasa AHY dalam berpolitik,” kata Boni

 

Sumber: BeritaSatu.com

Recommended For You