counter easy hit Caleg PDIP : Pembangunan Perumahan di Jambi Tanpa Saluran Drainase - JambiPos.id

Caleg PDIP : Pembangunan Perumahan di Jambi Tanpa Saluran Drainase

Jambipos, Jambi-Samuel Pardosi S Sos, Caleg DPRD Kota Jambi (PDIP) Dapil Jambi Selatan-Paal Merah Kota Jambi mengatakan, kebanyakan perumahan dilingkungan Kota Jambi dan Jambi Luar Kota terindikasi tidak memenuhi standard pembuangan air dan saluran drainase yang baik. Pihak pengembang seakan-akan tidak melihat persoalan drainase ini menjadi persoalan serius untuk beberapa tahun kemudian.

Hal itu diutarakan Samuel Pardosi, Selasa (18/12/2018) menyusul banjir yang melanda sejumlah Perumahan di Kota Jambi sepekan terakhir. “Apalagi ketika perumahan yang dibangun adalah perumahan rakyat di type 36 subsidi seakan-akan tidak memiliki saluran drainase yang cukup baik,” ujarnya.

Menurut Samuel Pardosi, semestinya juga pemerintah terkait dan fungsi pengawasan dari DPRD Kota Jambi juga tidak berjalan dengan baik. Sebab di lingkungan Kota Jambi sendiri hampir semua perumahan subsidi mengalami permasalahan saluran drainase yang tersumbat dan kurang baik.

“Pemerintah dan DPRD Kota Jambi semestinya turun gunung untuk setiap persoalan pembangunan setiap komplek perumahan. Disisi lain setiap perumahan semestinya sudah menggunakan tabung atau groundtank penampungan air yang bisa ditanam dibawah dasar rumah supaya air hujan tidak langsung menggenangi kompleks perumahan yang tergolong rentan banjir. Dan pada musim kemarau air yang tertampung dalam groundtank dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti cuci tangan dan kaki,” katanya.

Disebutkan, pihak pengembang perumahan semestinya harus memikirkan kenyamanan penghuni perumahan selama menetap dikompleks perumahan dan tentu terhindar dari banjir dan bencana alam lainnya.

“Pemerintah dan DPRD Kota Jambi semestinya membuat regulasi dalam bentuk Perda mengenai pengembangan perumahan dilingkungan Kota Jambi supaya terhindar dari segala bentuk banjir dan bencana alam lainnya,” ujarnya.

Sementara sepekan terakhir, debit air Sungai Batanghari juga naik signifikan. Bahkan wilayah Jambi Kota Seberang sudah awas banjir dan sejumlah rumah penduduk di Kelurahan Legok, Telanaipura Kota Jambi sudah terendam banjir.

Sejumlah Perumahan di Kota Jambi juga terdampak banjir dua hari terakhir. Seperti di Perumahan Namura Indah, Perum Kembar Lestari, Lorong Makmur, Perum Aurduri 1, Perum Namura Indah, Perum Depan Akbid, Perum Puri Masurai 2 dan Kampung Bugis. (JP-Lee)

Recommended For You