counter easy hitCegah Karhutla di Sarolangun - JambiPos.id

Cegah Karhutla di Sarolangun

Jambipos, Sarolangun-Dalam rangka pencegahan terjadinya musibah musiman kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah), Pemerintah Kabupaten Sarolangun gelar rapat koordinasi bersama beberapa SKPD dan Instansi-Instansi terkait, Senin (08/03/2021) bertempat di ruang Pola Utama kantor Bupati Sarolangun.

Rapat tersebut membahas kesiapan dan langkah penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Rapat yang dipimpin Wakil Bupati Sarolangun H. Hilallatil Badri yang juga dihadiri
Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, S.A.P, M.Han., Sekda Kabupaten Sarolangun Ir. Endang Abdul Nasser, Para Danramil Wilayah Kab. Sarolangun, Kepala BPBD Triyanto, S.IP, ME.

Juga Kadis Damkar Hairul, Kepala Manggala Agni, Para OPD di lingkup Kabupaten Sarolangun dan Perwakilan dari Beberapa Perusahaan Tambang Dan Perkebunan di wilayah Kabupaten Sarolangun

“Pada Rapat Koordinasi ini Kita sama sama untuk mencari solusi agar penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Sarolangun Th. 2021 ini dapat berjalan dengan optimal dan sesuai dengan yang direncanakan, “ucap Wabup membuka acara.

Pada kesempatan itu Dandim menyampaikan “Kami dari TNI Siap dan sangat mendukung pemerintah daerah dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan dan dari Kodim juga menurunkan personil untuk di tempatkan di titik titik rawan Karhutlah bersama Tim Terpadu, “ucapnya.

Agar saat terjadinya kebakaran lahan warga atau juga Perusahaan segera dapat diatasi dan tidak meluas kemudian secepatnya dapat ditindak lanjuti, “lanjutnya.

“Kemarau Tahun ini menurut BMKG diperkirakan antara bulan Juni nanti, untuk mengatasi Karhutlah Tim Terpadu yang terdiri dari personil TNI-Polri, Manggala Agni dan juga Damkar agar bersiaga dan melaksanakan patroli patroli ke titik titik yang sering terjadinya Karhutla, kemudian dari perusahaan perusahaan tambang dan juga perkebunan agar menyiapkan dan mengecek kembali kelengkapan alat-alat untuk mendukung proses pemadaman apabila ada terjadi Kebakaran di wilayahnya.

Karhutla Ini menjadi Tanggung jawab kita semua oleh karena itu, untuk menghadapi hal ini perlu dilakukan pencegahan serta penanganan yang serius dan memberikan himbauan kepada masyarakat jangan membuka lahan dengan cara dibakar, “pungkas Dandim.(JP-Fh Sianturi/Yah)

Recommended For You