counter easy hit Debit Air Sungai Naik, Warga Khawatir Hujan Deras Lagi - JambiPos.id

Debit Air Sungai Naik, Warga Khawatir Hujan Deras Lagi

Jambipos, Jambi – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Jambi sejak Sabtu hingga Selasa (25/2/2020) pagi membuat debit air Sungai Batangari berangsur naik. Debit air Sungai Batangari diperkiraan bakal naik bila hujan terus mengguyur hulu Sungai Batanghari.

Warga yang tinggal di bantaran Sungai Batanghari, Heri kepada Jambipos menuturkan bahwa sejak hujan menguyur Kota Jambi, debit air sungai memang terus naik. Namun sejauh ini belum berdampak buruk bagi warga.

“Ketinggian debit air masih wajar sehingga aktivitas warga di bantaran sungai tidak terganggu dan berjalan seperti biasa,” ujar warga Kasang tersebut.

Menurut Heri, ketinggian air Sungai Batanghari yang terus naik bisa saja menyebabkan banjir, mengingat kampung yang berada di pinggir Sungai Batanghari selalu langganan banjir.

Cuaca mendung warga Jambi khawatir hujan deras. (Foto Roni/Jambipos)

“Naiknya debit air sungai memang pernah merendam perumahan warga, mudah-mudahan dengan hujan lebat hari ini tidak ada banjir,” ucap Heri.

Menanggapi hal itu, Kepala Basarnas Provinsi Jambi Ibnu Haris Al Hussain mengatakan, dengan tingginya muka air membuat masyarakat harus lebih waspada. Selain potensi banjir ancama warga tenggelam juga menggancam Jambi, dimana selama bulan Januari lalu sudah terdapat warga yang tewas tenggelam di aliran sungai.

‘’Himbauan kami kepada masyarakat terkait juga dengan intensitas hujan yang cukup tinggi di daerah Jambi, dan juga aliran sungai yang cukup deras saat ini supaya masyarakat menjaga septi, berhati-hati pada saat melakukan aktifitas-aktifitas di pinggiran sungai karna beberapa kali kejadian masyarakat yang terjadi tenggelam ini karena kelalaian pada saat beraktifitas di pinggir sungai,” kata Ibnu Haris Al Hussain.

Sementara itu, situs resmi BMKG menyampaikan wilayah yang berpotensi hujan lebat pada Selasa (25/2/2020) adalah Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Maluku.

Sementara, daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang, kilat atau petir adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua.

BMKG mencatat Indonesia saat ini dalam periode puncak musim hujan. Masyarakat diimbau untuk terus memantau informasi prakiraan cuaca dari BMKG. Termasuk peringatan dini yang diumumkan di website resmi sehingga dapat mengatur rencana kegiatan dengan baik. (JP-Roni)

Recommended For You