counter easy hit Dinkes di Jambi Diminta Percepat Pendataan Sasaran Vaksin Covid-19 - JambiPos.id

Dinkes di Jambi Diminta Percepat Pendataan Sasaran Vaksin Covid-19

Jambipos, Jambi-Seluruh jajaran dinas kesehatan di kota/kabupaten se-Provinsi Jambi diminta mempercepat pendataan sasaran vaksinasi Covid-19. Ketersediaan data sasaran vaksinasi Covid-19 penting guna menetapkan jumlah dosis vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk Provinsi Jambi.

“Hingga kini kami belum memiliki kuota atau jumlah orang yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 tahap pertama November nanti. Pendataan masih dilakukan dinas kesehatan kota dan kabupaten. Pendataan tersebut perlu dipercepat agar bisa segera ditetapkan jumlah orang dan dosis vaksin Covid-19 tahap pertama di Jambi,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Reflizal di Jambi, Selasa (20/10/2020)

Menurut Reflizal, untuk menetapkan sasaran utama vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Provinsi Jambi, pihaknya mengacu kepada ketentuan pemerintah pusat. Sasaran utama vaksinasi Covid-19 di Jambi, yakni mereka yang berada di garis depan dalam penanganan Covid-19, yakni tenaga kesehatan, kepolisian, TNI, Satgas Penanganan Covid-19 dan guru.

“Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Jambi tetap mengikuti arahan dan ketentuan pemerintah pusat. Prioritas vaksinasi Covid-19 tahap pertama nanti, yakni tenaga kesehatan, para petugas Satgas Penanganan Covid-19, jajaran kepolisian, TNI dan guru,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, Johansyah mengatakan, pihaknya akan segera menyiapkan anggaran vaksinasi Covid-19. Penyiapan anggaran vaksinasi tersebut nantinya seperti penyiapan anggaran penanganan Covid-19, yakni mengalihkan sebagian anggaran pembangunan dan belanja daerah.

“Kalau nanti sudah ada data-data mengenai warga masyarakat tidak mampu yang membutuhkan vaksinasi Covid-19, Pemprov Jambi akan menyediakan anggaran pengadaan vaksin. Model pemberian bantuan sama seperti pemberian bantuan Jaring Pengaman Sosial(JPS) Covid-19, yaitu melalui pengalihan anggaran pembangunan dan belanja daerah,” ujarnya.

Dijelaskan, Pemprov Jambi mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 di daerah tersebut . Percepatan vaksinasi Covid-19 tersebut dinilai penting untuk mempercepat pengendalian kasus Covid-19 dan mempercepat pemulihan kegiatan ekonomi, sosial dan masyarakat di Jambi.(JP-SP)

Recommended For You