counter easy hit Harga Gula di Kota Jambi Capai Rp 17.000 per Kg - JambiPos.id

Harga Gula di Kota Jambi Capai Rp 17.000 per Kg

Jambipos, Jambi- Harga gula di Kota Jambi sepekan terakhir terus merangkak naik, menyusul menipisnya persediaan di pasaran. Pantauan di pasar Handil Jaya, Jelutung, Kota Jambi, Minggu (22/3/2020), harga gula mencapai Rp 17.000 per kilogram (kg) naik dari harga dua pekan lalu Rp 13.000 per kg.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, Amir Hasbi mengatakan, harga gula yang mencapai Rp 17.000 per kg sudah jauh di atas harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp 12.500 per kg. Tingginya lonjakan harga, dipengaruhi menipisnya persediaan.

“Berdasarkan pantauan kami di seluruh distributor gula di Provinsi Jambi, persediaan gula hanya sekitar 1.110 ton atau hanya cukup untuk kebutuhan gula di Jambi selama dua pekan mendatang. Sedangkan kebutuhan gula di Jambi rata-rata 2.741 ton per bulan atau 546 ton per minggu,” ujar Amir Hasbi.

Menurut Amir,  untuk mengatasi kekurangan persediaan gula di Jambi, pihaknya sudah mengusulkan agar Bulog Jambi berupaya mendatangkan pasokan gula secepatnya.

“Berdasarkan informasi yang kami peroleh, Kementerian Perdagangan (Kemdag) dalam waktu dekat akan mendistribusikan 150.000 ton gula. Oleh karena itu, kami harapkan Bulog Jambi berupaya agar pasokan gula tersebut bisa cepat masuk ke Jambi,” tandas Amir Hasbi.(JP-SP)

Recommended For You