counter easy hitHobi Belanja Online dari Luar Negeri? Baca Aturan Barunya - JambiPos.id

Hobi Belanja Online dari Luar Negeri? Baca Aturan Barunya

Jambipos-Apakah Anda termasuk salah satu yang hobi belanja online dari luar negeri? Atau apakah Anda termasuk salah satu yang berkecimpung dalam usaha jualan online atas barang-barang impor? Bersiaplah, mulai tanggal 30 Januari 2020, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan akan menetapkan aturan baru mengenai  impor barang kiriman.

Dengan ditetapkannya Peraturan Menteri Keuangan nomor 199/PMK.010/2019 tentang Ketentuan Kepabeanan, Cukai, dan Pajak atas Impor Barang Kiriman, maka terdapat perubahan atas ketentuan sebelumnya. Pembebasan bea masuk yang semula 75 dollar AS, kini menjadi paling banyak sebesar  3 dollar AS. Dengan begitu, dalam hal harga barang kiriman melebihi batas nilai tersebut, maka akan dikenakan bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI) atas keseluruhan harga barang. Terkait PDRI tetap berlaku normal dengan tidak adanya batas ambang bawah (de minimis).

Selain perubahan atas batas pembebasan bea masuk, melalui Peraturan Menteri Keuangan ini, Pemerintah juga merasionalisasikan tarif terhadap tarif yang semula bisa dikenakan sebesar berkisar antara 27,5% sampai dengan 37,5%, terdiri dari bea masuk sebesar 7,5%, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10%, dan PPh 22 Impor sebesar 10% untuk importir dengan NPWP atau 20% tanpa NPWP, kini berubah menjadi sebesar  berkisar 17,5% yang terdiri dari bea masuk sebesar 7,5%, PPN 10% dan untuk PPh 0% baik dengan atau tanpa NPWP.

Sebagai ilustrasi, untuk harga barang impor yang diatas 3 dollar AS dihitung terlebih dahulu nilai pabean atas barang tersebut dengan menjumlahkan harga barang, ongkos kirim dan asuransi kemudian dikonversi dengan kurs rupiah yang berlaku.

Selanjutnya, atas jumlah nilai pabean tersebut, dikalikan dengan tarif bea masuk yaitu 7,5% untuk mencari bea masuk yang tertanggung oleh importir barang kiriman. Lalu, untuk PPN dikenakan sebesar 10% dari nilai impor, yaitu jumlah dari nilai pabean dan bea masuk. PPh 22 Impor dikenakan sebesar 0% sehingga tidak perlu ditambahkan pada pajak atas impor tersebut. Dengan begitu, pajak atas barang impor dengan nilai diatas 3 dollar AS yaitu sebesar jumlah dari bea masuk dan PPN yang dimaksud diatas. Perhitungan ini berlaku untuk  barang kiriman selain sepatu, tas, dan produk tekstil. (JP-Penulis Adalah Mahasiswa D3 Akuntansi Politeknik Keuangan Negara Stan (PKN STAN).

Recommended For You