counter easy hitPemerhati Seni Wacanakan Pemindahan Patung Sultan Thaha Jambi - JambiPos.id

Pemerhati Seni Wacanakan Pemindahan Patung Sultan Thaha Jambi

Jambipos, Jambi-Pemerhati Seni Jambi, Sakti Alam Watir (5AW) mewacaakan kepada Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto menyarankan agar patung Sultan Thaha Jambi yang berada di depan lapangan kantor Gubernur Jambi dipindahkan. Patung Pahlawan Nasional  Sulthan Thaha yang terada persis depan Kantor Gubernur Jambi, posisinya kurang strategis lagi dan terabaikan.

Pemerhati Seni Jambi, Sakti Alam Watir (5AW) mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi sudah saatnya memikirkan “nasib” Sultan Thaha yang sekarang seperti terabaikan.

“Apalagi sedang persiapan menyambut Hari Kemerdekaan RI. Saya sudah menyarankan pemindahan patung itu kepada Ketua DPRD Provinsi Jambi,” katanya.

Kata Sakti Alam Watir, wacana memindahkan Patung Sulthan Thaha sudah disampaikan pada Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto beberapa waktu lalu. Dimana patung pindah ke depan  kantor DPRD serta pagar DPRD dibongkar.

“Sehingga nampak  halaman DPRD dan Kantor Gubernur lebih luas dan megah. Sultan Thaha bisa “Menyaksikan” setiap acara depan kantor Gubernur Jambi,” kata Sakti AW.

Sementara reliaf dipagar DPRD yang kondisi sudah “prihatin” banyak terkelupas dimana berisikan perjuangan dan sejarah Jambi. “Awalnya relief tersebut berada dalam Gedung DPRD, karena gedung direhab relief pindah diluar,” kata Sakti AW.

Kata Sakti AW, nantinya relief dibuat depan pagar kantor Gubernur Jambi sebagai pengganti Patung Sultan Thaha. Patung Sulthan Thaha diresmikan masa Gubernur Zulkifli Nurdin, yang masa itu kantor gubenur belum berpagar.(JP-Asenk Lee Saragih)

Recommended For You