counter easy hit Pemilik Akun @fahiraidris Dilaporkan Soal Hoax Korona - JambiPos.id

Pemilik Akun @fahiraidris Dilaporkan Soal Hoax Korona

Jakarta, Jambipos- Polda Metro Jaya telah menerima laporan Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid terkait kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoax soal virus korona yang diduga dilakukan pemilik akun @fahiraidris. Penyidik berencana memanggil pelapor untuk melakukan klarifikasi.

Muannas membuat laporan dengan nomor LP/1387/III/Yan.2.5/ 2020/SPKT/PMJ, tertanggal 1 Maret 2020, terkait dengan Pasal 14 dan 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 ayat 2 Juncto Pasal 45 ayat 2 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.

“Memang kemarin ada laporan masuk dari seseorang inisialnya M, pekerjaannya advokasi, dia melaporkan satu akun Twitter @fahiraidris,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, Senin (2/3/2020).

“Kemudian, pelapor (Muannas) mengkonfirmasi kepada Kemenkes bahwa itu ternyata tidak benar, sehingga pelapor merasa tidak terima. Dia melaporkan dalam hal ini adalah akun tersebut. Laporan kemarin sudah kita terima dan saat ini masih didalami oleh Krimsus Polda Metro Jaya,” ungkapnya.

Yusri menyampaikan, rencananya penyidik akan memanggil Muannas untuk memberikan klarifikasi terkait laporannya dengan membawa bukti-bukti.

“Nanti dari sana berkembang apakah akan dipanggil nanti siapa pemilik dari akun @fahiraidris tersebut. Jadi ini masih dalam penyelidikan, kita tunggu saja nanti bagaimana perkembangan dari penyidik mendalami laporan dari saudara M tersebut,” katanya.

Sementara itu, Muannas mengatakan, dirinya melaporkan pemilik akun Twitter @fahiraidris terkait berita bohong soal adanya pengawasan virus korona di berbagai wilayah di Indonesia. Muannas meyakini bahwa pemilik akun itu adalah anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal DKI Jakarta, Fahira Idris.

“Unggahan ini menimbulkan kegaduhan dan meresahkan. Konten itu sempat diprotes netizen bahkan menjadi trending topic di Twitter dengan tagar #tangkapfahiraidris. Kabar bohong soal virus korona ini merupakan masalah serius, makanya aparat penegak hukum di berbagai tempat langsung menindak tegas pelaku yang terkait dengan berita palsu ini,” katanya.

Muannas berharap, aparat dapat menegakkan hukum kendati Fahira Idris, selaku diduga pemilik akun @fahiraidris, merupakan pejabat publik sebagai anggota DPD RI.

“Jangan sampai publik melihat ada ketidakadilan dan terkesan tebang pilih. Artinya kalau masyarakat kecil langsung ditindak, sebaliknya bila pelakunya pejabat negara dibiarkan,” katanya.(JP)

Sumber: BeritaSatu.com

Recommended For You