counter easy hit Picu Penyebaran Covid-19, Seluruh Jemaah Asal Jambi yang Pulang dari Gowa Harus Diperiksa - JambiPos.id

Picu Penyebaran Covid-19, Seluruh Jemaah Asal Jambi yang Pulang dari Gowa Harus Diperiksa

Jambi, Jambipos – Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shantyabudi meminta Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi mendata dan memeriksa seluruh warga Jambi yang pernah mengikuti kegiatan keagamaan tablig akbar di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Pendataan dan pemeriksaan itu penting untuk menghentikan drastisnya peningkatan penyebaran virus corona (Covid-19) di Provinsi Jambi.

“Jemaah asal Jambi yang pulang dari Gowa, Sulsel banyak yang sudah dinyatakan positif corona. Mereka masih banyak yang tidak melakukan isolasi mandiri dan tetap melakukan kontak dengan orang lain. Mereka tidak mau dicek kesehatannya. Jadi mereka harus didata dan diperiksa segera agar penularan virus corona di Jambi bisa dikendalikan,” kata Firman Shantyabudi di Jambi, Rabu (29/4/2020).

Selain mendata dan memeriksa jemaah asal Jambi yang pulang dari Gowa, Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi juga diminta melakukan pemeriksaan lebih ketat di wilayah perbatasan. Hal itu penting mencegah lolosnya pemudik yang melanggar larangan mudik dan mengawasi warga masyarakat Jambi yang mengabaikan imbauan di rumah saja.

Di antara pasien positif corona cluster Gowa tersebut juga sudah ada yang menularkan virus corona kepada anggota keluarga dan orang yang kontak dengan mereka (transmisi lokal).

“Saat ini ditemukan lebih tiga orang kasus positif corona akibat transmisi lokal. Mereka terinfeksi dari anggota keluarga yang jadi pasien positif corona. Kondisi ini membuat penyebaran virus corona cepat meluas dan jumlah pasien positif corona bertambah drastis,”katanya.

Dijelaskan, mengantisipasi penyebaran virus corona dari klaster Gowa tersebut, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi sudah melakukan rapid test (tes cepat) terhadap 80 orang jemaah asal Jambi yang pulang dari Gowa. Mereka berasal dari Kabupaten Muarojambi sebanyak 42 orang, Kota Jambi (27 orang), Batanghari (8 orang), Bungo (5 orang), Tanjungjabung Barat (4 orang), dan Tanjungjabung Timur (2 orang).

“Sebanyak 31 orang jemaah asal Jambi yang pulang dari Gowa tersebut dinyatakan positif corona berdasarkan hasil rapid test. Mereka kini dirawat di beberapa rumah sakit di Kota Jambi dan kabupaten. Mereka sedang menjalani proses pemeriksaan laboratorium aliran tenggorokan (swab),” katanya.

Johansyah mengatakan, jumlah pasien positif corona di Jambi hingga Rabu (29/4/2020) pagi sebanyak 32 orang dan satu orang sudah sembuh. Sedangkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di daerah itu 317 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 60 orang.

“Sedangkan PDP yang sedang menjalani uji swab pada Senin (27/4/2020) sebanyak 12 orang berkurang menjadi 9 orang. Tiga orang PDP yang uji swab dinyatakan negatif Selasa (28/4/2020),” ujarnya. (JP_SP)

Recommended For You