counter easy hitPolda Jambi Tingkatkan Vaksinasi untuk Pelajar, Tahap Pertama 4.000 Orang - JambiPos.id

Polda Jambi Tingkatkan Vaksinasi untuk Pelajar, Tahap Pertama 4.000 Orang

Jambipos, Jambi-Setelah melaksanakan vaksinasi massal untuk masyarakat umum dua kali sejak Juni lalu, jajaran Polda Jambi awal September kembali menggelar vaksinasi massal ketiga. Sasaran vaksinasi massal kali ini, yakni remaja atau anak sekolah usia 12 – 17 tahun. Tahap pertama vaksinasi pelajar tersebut dilaksanakan di Ratu Concention Center (RCC) dan Yellow Trans Mart Hotel Kota Jambi, Provinsi Jambi, Sabtu – Minggu (4 – 5/9/2021).

Sasaran vaksinasi Merdeka Bhakti Kesehatan Bhayangkara Untuk Negeri yang dilaksanakan Polda Jambi dan Polresta Jambi tersebut sebanyak 4.000 orang remaja dan pelajar. Sebanyak 2.000 orang divaksinasi di RCC dan 2.000 orang di Yellow Trans Mart Hotel, Kota Jambi. Vaksinasi tahap pertama untuk pelajar tersebut turut dibantu mahasiswa Fakultas Kedokteran Unuversitas Jambi (Unja), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Adiwangsa Jambi dan STIKES Baiturrahim Jambi.
Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachman Wibowo ketika meninjau vaksinasi remaja di RCC Kota Jambi, Sabtu (4/9/2021) mengatakan, vaksinasi remaja tahap pertama Sabti dan Minggu tersebut diikuti siswa dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 8, guru dan warga masyarakat sekitar. Vaksinasi dilaksanakan Sabtu dan Minggu karena siswa sekolah Senin – Jumat.

“Rencananya, vaksinasi untuk pelajar atau siswa, guru dan kalangan orangtua tersebut dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu di tempat berbeda. Vaksinasi remaja tersebut ditingkatkan untuk mempercepat pencapaian vaksinasi 2,6 juta warga Jambi,”katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani pada kesempatan tersebut mengatakan, vaksinasi massal yang dilaksanakan jajaran Polda Jambi selama ini sangat membantu percepatan vaksinasi di Jambi. Vaksinasi massal di Jambi masih perlu terus dilanjutkan menyusul belum optimalnya capaian vaksinasi di daerah tersebut. Sementara itu kasus positif Covid-19 di Jambi cukup tinggi dan masih terus bertambah.

Dijelaskan, total kasus positif Covid-19 di Provinsi Jambi hingga Sabtu (4/9/2021) sudah mencapai 28.493 orang. Kasus meninggal akibat Covid-19 di daerah itu sebanyak 713 orang dan pasien Covid-19 yang sembuh mencapai 25.791 orang.

“Kasus Covid-19 ini tergolong cukup tinggi. Untuk itu Pemerintah Provinsi Jambi mempunyai sasaran target vaksin bagi masyarakat di Provinsi Jambi 2,6 juta orang,”ujarnya.

Dikatakan, realisasi vaksinasi di Jambi saat ini baru mencapai 848.000 orang atau 33,5 %. Khusus di Kota Jambi, vaksinasi sudah mencapai 64 %. Realisasi vaksinasi remaja dan pelajar baru mencapai 298.666 orang atau 8,2 % dari target 364.000 orang.

“Melalui vaksinasi remaja dan pelajar yang dilaksanakan Polda Jambi ini, berarti jumlah remaja dan pelajar yang divaksinasi di Jambi, Sabtu – Minggu bertambah 4.000 orang. Kami berharap, jumlah remaja dan pelajar yang divaksinasi terus bertambah,”katanya.

Abdullah Sani juga mengharapkan vaksinasi masyarakat terus ditingkatkan untuk mewujudkan herd immunity (kekebalan kelompok). Untuk itu keasadaran warga masyarakat mengikuti vaksinasi perlu terus digugah.

“Kita harapkan nanti herd immunity atau kekebalan kelompok tercapai melalui vaksinasi. Dengan demikian kegiatan ekonomi dan social kemasyarakat bisa normal kembali. Kita berupaya agar masyarakat jangan ada yang terpapar lagi setelah mendapatkan vaksinasi,”ujarnya.

Selain itu, Abdullah Sani juga meminta warga masyarakat yang sudah divaksinasi tetap mematuhi protocol kesehatan, terutama melaksanakan 5M, yaitu memakai amsker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.(JP)

Sumber: www.medialintassumatera.com

Recommended For You