counter easy hitRomi: Muarasabak Miliki Potensi Peninggalan Sejarah Purbakala - JambiPos.id

Romi: Muarasabak Miliki Potensi Peninggalan Sejarah Purbakala

Jambipos, Jambi-Kawasan Muarasabak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur memiliki potensi peninggalan purbakala, dari sisi sejarah, geologi dan arkeologi, yang perlu diobservasi dan digali lebih serius untuk pembuktiannya.

Hal itu diungkap oleh Bupati Tajabtim, Romi,  ketika bersilahturrahmi dengan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jambi di Kantor PWI Jalan Jakarta Ujung, Kotabaru, Jambi, Jumat (11/3/2021).

Menurut Romi, sejumlah benda ditemukan di wilayah Muarasabak, antara lain berupa kapal kayu kuno, dan uniknya bentuk kapal kayu itu mirip sekali bentuknya yang ada direlief Candi Brobudur. Selain itu, di kawasan daerah itu bebatuannya besar yang ditemukan strukturnya juga mirip dengan bebatuan bangunan Candi Brobudur.

Bupati Tajabtim, Romi Silaturahmi ke PWI Jambi.(Foto Arman/Jambipos)

Penemuan lainnya, berupa situs, yakni situs “Siti Hawa”. “Sejumlah peneliti dari Universitas Jambi sudah pernah melakukan penelitian di situs tersebut,” imbuh Romi yang berdiskusi santai dengan Pengurus PWI Jambi tersebut, antara lain, Ketua HR Ridwan Agus, Sekretaris Hery FR, Arwani (bendahara) serta para wakil ketua, Muhtadi Putra Nusa, Faisal Kumar, Yasmin, Amrizal.

Dugaan para peneliti melihat situs tersebut cenderung kawasan situs “Siti Hawa” merupakan pusat pemerintahan suatu kerajaan. Namun untuk pembuktian kebearannya perlu dilakukan penelitian dan penggalian secara serius. (JP-Wan)

Recommended For You