counter easy hit Rumah Sakit Umum Jambi Siapkan Dua Ruang Isolasi Pasien Corona - JambiPos.id

Rumah Sakit Umum Jambi Siapkan Dua Ruang Isolasi Pasien Corona

Jambi, Jambipos– Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher, Kota Jambi menyiapkan dua unit ruang khusus isolasi atau perawatan pasien terinveksi virus corona (Covid-19). Tempat tidur yang disediakan di ruang perawatan khusus pasien terinveksi virus korona tersebut sebanyak delapan unit.

“Penyediaan ruang khusus isolasi atau perawatan pasien yang diduga terinfeksi virus corona di RSUD Raden Mattaher termasuk salah satu antisipasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menghadapi ancaman penyebaran virus corona. Jika ada warga masyarakat yang diduga terinfeksi virus korona bisa segera dirujuk ke RSUD Raden Mattaher,” kata Gubernur Jambi, Fachrori Umar didampingi Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jambi, Johansyah kepada wartawan di Jambi, Selasa (3/3/2020).

Menurut Fachrori Umar, seluruh petugas kesehatan di Jambi harus proaktif mengantisipasi secara dini penyebaran virus corona dengan meningkatkan pemantauan dan pelayanan kesehatan warga masyarakat mulai dari tingkat pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dan klinik kesehatan.

“Pihak RSUD Raden Mattaher, Kota Jambi sudah menyiapkan dua unit kamar perawatan khusus atau ruang isolasi dan delapan unit tempat tidur untuk penanganan suspect (dicurigai) terinveksi virus corona,”ujarnya.

Fachrori Umar mengimbau semua jajaran dinas kesehatan, pengelola bandar udara, pelabuhan laut dan berbagai pemangku kepentingan meningkatkan kesiagaan terhadap penyebaran virus corona. Deteksi dini dan respon cepat terhadap informasi gejala penyakit yang mirip virus corona atau dicurigai virus corona harus dilakukan secara intensif. Warga Jambi juga perlu aktif memberikan informasi jika ada warga yang mengalami gejala terinfeksi virus corona.

“Namun kesiagaan terhadap virus corona jangan sampai menimbulkan kepanikan di masyarakat. Kita semua harus meningkatkan kesiagaan terhadap virus corona, namun jangan jadi panik,” kata Gubernur Jambi.

Menurut Fachrori Umar, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi kini menyediakan hotline (telepon pengaduan) kasus virus corona di nomor 0813 6685 1361. Kemudian disiapkan juga crisis centre (pusat krisis) virus corona di kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jambi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Samsiran Halim mengatakan, sejak Januari – akhir Februari ditemukan dua orang yang diduga terinfeksi virus corona. Seorang pasien yang diduga terinfeksi virus corona sempat dirawat di RSUD Raden Mattaher, Kota Jambi, akhir Januari lalu.

Namun pasien yang dirawat setelah kembali dari Wuhan, Tiongkok, akhir Desember 2019 itu dinyatakan negatif corona. Kemudian seorang warga Muarabungo, Kabupaten Bungo yang baru kembali dari Korea Selatan juga sempat dirawat di Rumah Sakit Permata Hati Muarabungo akhir Februari lalu karena diduga terinfeksi virus corona. Namun pasien tersebut juga dinyatakan negatif corona. (JP-SP)

Recommended For You