counter easy hit Sekolah di Kota Jambi Siap Laksanakan KBM Tatap Muka - JambiPos.id

Sekolah di Kota Jambi Siap Laksanakan KBM Tatap Muka

Jambipos, Jambi-Seluruh sekolah mulai dari tingkat taman kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), di Kota Jambi siap melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka mulai Januari 2021. Sebagian besar sekolah di kota tersebut sudah melengkapi bebagai fasilitas protokoler kesehatan untuk pelaksnaan KBM tatap muka tersebut.

“Berdasarkan rapat yang kami adakan bersama seluruh kepala sekolah TK, SD, SMP dan sederajat di Kota Jambi, Selasa (24/11), seluruh sekolah sudah siap melakukan KBM tatap muka. Setiap sekolah sudah menyiapkan tenaga dan fasilitas untuk melaksanakan KBM tatap muka dengan penerapan protokoler kesehatan yang ketat,”kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, Mulyadi di Kota Jambi, Rabu (25/11/2020).

Menurut Mulyadi, pelaksanaan KBM di Kota Jambi mulai Januari 2021 hanya menunggu persetujuan dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Jambi. Jika persetujian tersebut telah diberikan, seluruh sekolah hingga tingkat SMP di kota itu akan mulai belajar tatap muka semester genap nanti.

Dia mengungkapkan, untuk mengetahui kesiapan sekolah dalam mengadakan KBM tatap muka dengan menerapkan protokoler kesehatan, Dinas Pendidikan Kota Jambi dan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jambi melakukan survei pada pekan ini.

Survei difoksukan pada penataan ruang kelas yang memenuhi standar protokoler kesehatan, khususnya jaga jarak bangku siswa, penyediaan alat pengukur suhu tubuh, ruang sanitizier, fasilitas cuci tangan pakai sabun di air mengalir dan petugas.

Mulyadi menjelaskan, pedoman pelaksanaan KBM tatap muka di Kota Jambi sebenarnya sudah ada sejak Juli lalu, yakni Surat Keputusan (SK) Wali Kota Jambi Nomor 245 tahun 2020. Selama Juli – September 2020, sekolah di Kota Jambi sudah melaksanakan KBM tatap muka.

“Namun karena Kota Jambi masuk zona merah sejak Oktober lalu, KBM tatap muka terpaksa dihentikan,” kata Mulyadi.

Dia mengatakan, pelaksanaan KBM tatap muka di sekolah-sekolah di Kota Jambi dilaksanakan berdasarkan azas suka rela dari para siswa, dan tidak ada pemaksaan dari pihak sekolah. Siswa yang mengikuti KBM tatap muka harus mendapat persetujuan dari orang tua masing-masing. Kebijakan tesebut diberlakukan karena Kota Jambi kini masih masuk zona oranye (risiko sedang) Covid-19.

“Untuk siswa yang belum mendapat persetujuan orang tua, mereka tetap dilayani belajar dalam jaringan (daring) atau online. Tetapi jika status Kota Jambi pada Januari nanti turun menjadi zona hijau, KBM tatap muka diberlakukan untuk seluruh siswa,” uhar Mulyadi.

Menurut Mulyadi, proses KBM tatap muka di Kota Jambi nantinya dilakukan dengan pembagian dua shift (sesi). KBM tahap sesi selama tiga jam dimulai pukul 07.00 WIB – 10.00 WIB. Sedangkan KBM sesi kedua dimulai pukul 10.15 – 13.15 WIB.

“Pembagian tahapan belajar tersebut dilakukan secara bergilir atau berganti dengan sistem ganjil genap. Kelas ganjil dan genap bergantian masuk KBM pagi dan siang selama enam hari waktu belajar di sekolah,” tutur Mulyadi.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 17 Kota Jambi, Bambang Hermanto, mengatakan pihaknya siap melaksanakan KBM tatap muka semeseter genap awal tahun depan. Fasilitas protokoler kesehatan di sekolah tersebut sudah dipersiapkan. Kemudian pihak SMP Negeri 17 juga sudah menyiapkan pembagian sesi belajar pagi dan siang.

“Saat ini kami hanya memastikan kesediaan orang tua siswa untuk mengizinkan anak mereka mengikuti KBM tatap muka. Kami kini sudah menyiapan formulir kesediaan orang tua mengizinkan anak mereka mengikuti KBM tatap muka. Surat tersebut akan kami sampaikan kepada orang tua siswa mulai awal Desember nanti,” kata Bambang.(JP-SP)

Recommended For You